Berita > Opini
Short Movie TKI Taiwan Menepis Anggapan TKI Hanya Kalangan Berpendidikan Rendah
23 Dec 2015 11:46:42 WIB | Saritya | dibaca 3581
Ket: Eka Khuczaimah
Foto: LBMI

Taipei, LiputanBMI - LiputanBMI, Sebuah video kreatif short movie garapan TKI Taiwan berjudul Note About TKI (Catatan Tentang TKI) yang baru-baru ini di unggah oleh fans page facebook Syuhada's, menepis anggapan bahwa TKI hanya kalangan berpendidikan rendah yang menjadi buruh diluar negeri. Padahal banyak dari mereka yang menjadi buruh diluar negeri memiliki cita-cita, kreativitas dan kemampuan yang tidak kalah dibanding remaja-remaja lainya yang berpendidikan tinggi. .
.
Short movie tersebut menarasikan perjalanan hidup seorang gadis dengan cita-citanya untuk menjadi Dokter, namun Tuhan berkehendak lain dan memberikan ia jalan sebagai seorang TKI..
.
Eka Khuczaimah pemain sekaligus pembuat konsep dan narasi mengatakan pembuatan short movie ini bertujuan menepis opini publik yang selalu mengasumsikan TKI adalah orang-orang yang terpaksa berkerja menjadi buruh karena pendidikan yang rendah dan tidak mempunyai cita-cita..
.
Untuk mengimplementasikan idenya menjadi sebuah short movie, Eka mengaku dibantu sahabatnya Dwi Wahyudi sebagai cameramen sekaligus editor dan Septyan Sandya Yudha sebagai crew dengan menghabiskan waktu selama satu hari satu malam..
.
"Sebenarnya saya cuma pingin menunjukan ke publik, kalau TKI yang selama ini mereka lihat di TV yang selalu diperlakuan buruk oleh majikan karerna kurang cerdas , sehingga tidak bisa mendapatkan hak-haknya sebagai pekerja asing, semoga dapat ditepis setelah nonton video ini. Kalau cerita pribadi diawal itu cuma selingan" ujarnya saat ditanya LiputanBMI mengenai tujuan pembuatan short movie tersebut..
.
Untuk melihat videonya klik disini
(SRT, 23/12)

Universitas Terbuka Riyadh
-