Berita > Seputar TKI
Berikut Hasil Pertemuan Indonesia-Taiwan Bahas Kebijakan Zero Cost, Dari 16 Menjadi 6 Item
09 Apr 2021 03:07:07 WIB | Hani Tw | dibaca 699
Ket: Kabar Gembira, Berikut Hasil Pertemuan Indonesia-Taiwan Bahas Kebijakan Zero Cost
Foto: United Daily News
Taipei, LiputanBMI - Hari ini (8/4) pemerintah Taiwan dan Indonesia kembali mengadakan pertemuan virtual untuk membahas kebijakan biaya penempatan "zero cost" bagi pekerja migran informal.

Pertemuan yang kedua kalinya ini dihadiri 7 orang wakil dari masing-masing negara, antara lain wakil menaker Taiwan Wang An-Pang, KDEI Taipei, dan kemenlu yang diwakili oleh Perusahaan Asia Pasifik.

Sementara dari Indonesia dihadiri oleh kepala BP2MI, Benny Rhamdani, sekjen kemenaker Anwar Sanusi, Kementerian kesehatan dan perwakilan dari TETO.

Adapun hasilnya, menurut wakil menaker Taiwan Wang An-Pang, dari 16 item terkait biaya penempatan yang semula dibebankan ke majikan Taiwan, sekarang tinggal 6 item saja yang perlu diklarifikasi ulang.

Ke enam item yang masih perlu diperbarui dan dibahas oleh kedua belah pihak untuk dikonfirmasi antara tiket keberangkatan, tiket kepulangan, biaya visa, biaya verifikasi kontrak perjanjian kerja, biaya akomodasi lokal dan keberangkatan dari kampung ke bandara di Indonesia, serta biaya perantara atau agensi di Indonesia.

Sebagaimana dilansir United Daily News (8/4), kedua belah pihak akan melakukan komunikasi secara tertulis dan sepakat untuk mengadakan pertemuan yang ketiga kalinya.

Pemerintah Indonesia juga sudah beberapa kali menyatakan kesediaannya untuk datang ke Taiwan.
(HNI/, 09/04)
Universitas Terbuka Riyadh
-