Berita > Seputar TKI
Kernet Truk yang Tertabrak KA Taroko di Hualien Ternyata Pekerja Migran
08 Apr 2021 09:48:07 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 480
Ket: Kernet Truk yang Tertabrak KA Taroko di Hualien Ternyata Pekerja Migran
Foto: Liberty Times Net
Taipei, LiputanBMI - Hingga hari ini penyelidikan atas kasus penyebab kecelakaan kereta api Taroko (2/4) yang menyebabkan puluhan penumpang meninggal dunia masih tetap berlanjut.

Dari hasil rekaman CCTV, selain sopir truk perusahaan yang sekaligus pemilik perusahaan tersebut Lee Yi-siang, ada seorang kernet yang dicurigai adalah pekerja migran ilegal.

Menurut keterangan Lee Yi-siang, pada saat itu, ketika sedang berbelok roda depan truknya menyangkut semak-semak, kemudian mereka berdua bermaksud menariknya. Namun, truknya tiba-tiba terperosok jatuh dan tertabrak KA Taroko yang kebetulan sedang melintas.

Setelah kejadian naas itu, pekerja migran yang biasa dipanggil A Hau diperintahkan untuk segera melarikan diri untuk bersembunyi, sementara Lee Yi-siang kemudian diamankan.

Brigade Polisi Kriminal Kabupaten Hualien bekerja sama dengan Departemen Imigrasi segera melakukan pencarian.

Pada malam harinya pekerja migran ilegal yang diketahui berasal dari Vietnam dan biasa dipanggil A Hau berhasil ditangkap, kemudian dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan.

Sebagaimana diketahui, pada 2 April lalu sebuah KA Taroko yang sedang melaju menabrak truk yang tiba-tiba terperosok jatuh ke arah rel.

Kecelakaan terjadi di depan terowongan daerah Hualien. Bagian kepala KA menabrak dinding terowongan, sementara sebagian gerbong belakang keluar dari rel.

Akibat dari kejadian tersebut sebanyak 51 penumpang meninggal dunia dan 280 mengalami luka-luka.
(IYD/, 08/04)
Universitas Terbuka Riyadh
-