Berita > Seputar TKI
Yayasan Al Muflihin Cirebon Fasilitasi Pendidikan Gratis Anak Purna BMI
17 Jan 2021 23:16:17 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 785
Ket: Abd. Rokhman bersama pengurus yayasan Al Muflihin
Foto: Abd. Rokhman
Cirebon, LiputanBMI - Yayasan Al Muflihin yang mengelola Pondok Pesantren Al Muflihin di Desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon memberi fasilitas pendidikan gratis bagi anak purna Buruh Migran Indonesia (BMI) yang kurang mampu.

Para anak purna BMI itu berkesempatan mendapatkan pendidikan secara gratis karena ada salah satu pengurus Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) di Cirebon yang menjadi pengurus yayasan tersebut.

“Yayasan memberi kesempatan sekolah gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Karena saya aktif di SBMI yang fokus mengurus persoalan buruh migran dan keluarganya, saya mengusulkan agar anak-anak purna BMI yang kurang mampu juga difasilitasi pendidikan gratis,” kata Abdul Rokhman, S.Pd.I, salah satu pengurus yayasan yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris SBMI Cirebon.

Lebih lanjut Rokhman mengatakan, para anak purna BMI di Desa Gebang Ilir khususnya dan anak purna BMI dari seluruh wilayah Indonesia dapat memperoleh pendidikan formal mulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Aliyah (MA), hingga Tahfidz Al Quran tanpa dipungut biaya alias gratis di Pondok Pesantren Al Muflihin.

"Saat ini ada beberapa anak purna BMI yang sekolah di Ponpes Al Muflihin. Tidak hanya dari Cirebon, bahkan ada anak purna BMI dari NTT," jelas Abdul Rokhman.

Ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Minggu (17/1/2021), Pengasuh Ponpes Al Muflihin, Siti Aisyah, S.Ag membenarkan bahwa yayasannya juga memfasilitasi pendidikan gratis bagi anak purna BMI yang tergolong kurang mampu.

“Pada dasarnya, prinsip kami adalah menolong sesama. Membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa menyenyam pendidikan secara gratis, termasuk anak purna BMI. Niatan kami murni lillahi taala,” kata Siti Aisyah.


(FK/, 17/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-