Berita > Seputar TKI
Patroli Laut Taiwan Gagalkan Kapal Ikan yang Coba Selundupkan ABK dari Batam
21 Jul 2021 20:02:57 WIB | Hani Tw | dibaca 624
Ket: Patroli Laut Taiwan Gagalkan Kapal Ikan yang Coba Selundupkan ABK dari Batam, Pemilik Kapal Dan Awknya Ditahan
Foto: United Daily News
Taipei, LiputanBMI - Kapal nelayan Pingtung Xiang An yang diduga akan melakukan upaya penyelundupan 8 orang pekerja migran anak buah kapal (ABK) dari Indonesia tertangkap tim patroli di perairan Tainan.

Setelah dilakukan pemeriksaan test PCR 6 diantaranya positif dan diperkirakan virus Varian Delta. Dari 6 ABK yang positif 4 ABK asal Indonesia sedangkan 2 lainnya asal Myanmar.

Selain membawa 8 ABK ilegal, yang 6 orang positif dan 2 ABK asal Indonesia negatif, di dalam kapal tersebut masih ada 3 orang lagi awak kapal dan semua dinyatakan negatif.

Menurut pengakuan kapten Kapal bermarga Chen, ia hanya dititipi orang. Ia juga baru pertama kali ke Batam, Indonesia disuruh menjemput orang (ABK).

Namun petugas patroli laut meragukan pengakuan Chen dan masih akan menyelidikinya lebih lanjut. Kasusnya akan ditangani sesuai UU pelanggaran khusus pneumonia infeksi serius dan tersangka akan dituntut sesuai peraturan manajemen izin keluar masuk antar negara.

Biro kesehatan kota Tainan selain mengirim ambulance untuk membawa 6 ABK yang positif ke RS, juga membawa 5 orang lainnya yang negatif dan mengantarnya ke tempat karantina terpadu.

Sebagaimana diketahui, kapal nelayan tersebut berangkat dari pelabuhan Pingtung 22 Juni lalu, dan pada tanggal 8 Juli bersandar di Batam menjemput ABK yang rencananya mau diselundupkan ke Taiwan.

Namun, kemarin (19/7) sekitar pukul 23:45 waktu setempat, kapal itu melewati perairan Barat Daya Anping 30 mil dari Tainan berhasil ditahan oleh Tim Patroli laut, dan pukul 6 pagi tadi kapal berhasil mendarat di pelabuhan Anping.
(HNI/, 21/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-