SOSOK

Masih ingatkah dengan TKI di Taiwan peraih empat medali emas kejuaraan dunia Tai Chi Chuan 2016?. Ya, Eulis Komariah perempuan hebat satu ini telah kembali ke kampung halamannya di Komplek Kaligata RT 04/05 Desa Jayagiri, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Seperti yang pernah dikatakannya, Eulis bercita-cita men ... Baca Selengkapnya »

Nama TKI di Taiwan satu ini rasanya sudah tidak asing, apalagi bagi pencinta dunia tulis menulis atau literasi.

Abdi Laso atau lebih dikenal dengan nama pena Justo Lasso yang berasal dari kecamatan Jatiyoso, Karang Anyar Jawa Tengah, ini membuktikan bisa meraih prestasi disela-sela kesibukannya bekerja.

Pada tahun 2016 ... Baca Selengkapnya »

Eulis Komariah, TKI Taiwan yang mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia Tai Chi ( The 4th World Cup Tai Chi Chuan International Championship ), berhasil memborong empat medali emas sekaligus.
Kejuaraan yang berlangsung di Stadium Ban Ciao, Taiwan pada tanggal 15 dan 16 Oktober dan Eulis merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia.
< ... Baca Selengkapnya »

Hobi atau kegemaran adalah sesuatu yang pasti dimiliki setiap manusia. Ya, apapun akan dilakukan seseorang untuk menyalurkan hobi dan kegemarannya. Namun apa jadinya jika hobi yang kita miliki memerlukan biaya yang tidak sedikit, seperti yang dialami Maman Abdurahman, pria asal Majalengka, Jawa Barat ini harus menunggu selama 9 tahun untuk menyalur ... Baca Selengkapnya »

Hunkintan, nama yang tak asing lagi bagi kawan-kawan jaringan buruh migran sebagai master healing Komnas Perempuan. Wanita kelahiran 1973, Jember, Jawa Timur ini sebenarnya mempunyai nama asli Intan Darmawati. Nama Hunkintan adalah gabungan dari panggilan nama kecilnya (Hunk) dan (Intan) nama aslinya.

Hunkintan pada awal mulanya hany ... Baca Selengkapnya »

Kemiskinan telah memaksanya merantau ke negeri orang. Dia yang seorang wanita rela menjadi pembantu di Arab Saudi. Keinginan kuat dan ketekunannya kini telah membuatnya berubah. Hanya takdir yang tak bisa dirubah karena sudah menjadi ketentuan Tuhan, sifatnya kodrati, sunatullah kata orang Islam.
Namun bagaimana dengan nasib? sekalipun in ... Baca Selengkapnya »

Kabar duka datang dari masyarakat Indonesia di Jeddah yang telah kehilangan sosok guru sekaligus Imam Masjid Indonesia Jeddah (MIJ), KH Muhammad Firdaus Abdul Manan yang meninggal dunia pagi tadi, Sabtu (20/8). Almarhum yang juga sebagai Rais Syuriyah PCINU Arab Saudi wafat pada pukul 07:30 waktu Arab Saudi di Suliman Fakeeh Hospital Jeddah.
... Baca Selengkapnya »

Nuryati Solapari, mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, meraih gelar doktor hukum pada Sidang Promosi Doktor dengan disertasi "Penerapan Prinsip Keadilan Sosial Bagi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dalam Pemenuhan Hak Menurut Sistem Hukum Ketenagakerjaan Indonesia", kemarin, Jum'at (12/8/2016).

Nuryati sejak awal m ... Baca Selengkapnya »

Menjadi TKI bukanlah cita-cita tapi karena terpaksa mengingat sulitnya mencari pekerjaan dengan gaji layak bagi yang tidak lulus perguruan tinggi. Dari sekian banyak mantan TKI, ada yang bernasib baik dan kini menjadi selebriti karena punya bakat dan kemampuan di bidang seni. Mantan TKI yang menjadi selebriti itu adalah :

1. Cinta ... Baca Selengkapnya »

Eulis Komariah (45 tahun), BMI di Taiwan asal Bandung, Jawa Barat kembali mengukir prestasi menjadi juara satu kejuaraan olahraga Tai Chi piala presiden (Tai Chi President Cup 2016) yang diadakan di Changwa, Taiwan bagian tengah pada Minggu, 19 Juni 2016.

"Alhamdulillah, kembali bisa meraih juara di turnamen kali ini," kata Eulis Kom ... Baca Selengkapnya »

Membayangkan bagaimana pedihnya mempunyai keluarga yang stress, depresi atau gila membuat Utiyah (46) tergerak hatinya untuk merawat dan menyembuhkan orang-orang gila.

Utiyah mulai menampung dan merawat serta menyembuhkan orang gila ini sejak tahun 2003. Sudah ratusan orang gila yang dibawa ke rumah Utiyah dari berbagai wilayah d ... Baca Selengkapnya »

LiputanBMI - Mempersatukan pelaut wanita di seluruh Indonesia, memperjuangkan agar perusahaan pelayaran baik di Indonesia maupun di luar negeri memberikan peluang kepada pelaut wanita Indonesia untuk berkarir di laut pada armada kapalnya, memberikan bantuan perlindungan hukum kepada anggota, dan meningkatkan SDM pelaut wanita yang kuat serta ... Baca Selengkapnya »

Sosok remaja puteri mengenakan scarf (kerudung) merah maroon pada Malam Pengantar Tugas Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel beberapa waktu yang lalu, cukup menarik perhatian para hadirin.

Dia adalah puteri ... Baca Selengkapnya »

Hampir seluruh Jazirah Arab Saudi sudah pernah ia jelajahi, dari padatnya tengah kota metropolitan Riyadh, hingga tengah gurun tanpa jaringan sinyal handphone sama sekali. Ade Supriatna (47) alias Sonod, TKI asal Kampung Cicadas Desa Kertajaya Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur ini sudah 10 tahun bekerja sebagai tenaga ahli sumur bor di Arab Sau ... Baca Selengkapnya »

LiputanBMI, Iwan Niardi adalah seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terbilang sukses di negeri Petrodollar. Keputusannya beralih profesi dari sopir perumahan dan merintis usaha sendiri pada tahun 2011 bisa dikatakan tepat dan berani.

Bosan selama 8 tahun menjadi sopir, Iwan mencoba memulai usaha kecil-kecilan de ... Baca Selengkapnya »

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta membagikan tiga kunci sukses untuk mewujudkan mimpi para generasi muda dalam sebuah seminar motivasi di Denpasar, Minggu (20/3/2016).

Sudikerta mengatakan agar menjadi sukses, generasi muda harus punya tiga kunci utama yakni kemauan, semangat dan kerja keras. "Tiga hal itu harus tumbuh dari dalam t ... Baca Selengkapnya »

Nur Miftahul Jannah (34), mantan tenaga kerja wanita (TKW) di Kota Malang, rela mencurahkan hidup dan hartanya buat merawat orang-orang dalam kesulitan. Setidaknya ada tujuh pasien dengan penyakit berat diurus di yayasan sosial miliknya.

Ketujuh pasien, di antaranya anak-anak, mendapat biaya pengobatan sekaligus bantuan hidup selama ... Baca Selengkapnya »

Pernah menjadi TKI ilegal di Penang, Malaysia, itulah bagian perjalanan hidup Ribut Riyanto. Warga desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung itu, hampir dua tahun mengais rejeki di negeri jiran. Kini, dia tercatat sebagai anggota komisi A DPRD Ponorogo.
Masih teringat dibenak Ribut Riyanto, perjalanan hidup yang harus dilakoninya pada 2001. Saat it ... Baca Selengkapnya »

Banyak mantan TKI yang sukses dalam bidang yang bermacam-macam, ada TKI sukses jadi petani, pengusaha, artis, penulis, dosen dan lain-lain.

Majalah bisnis begengsi Forbes baru saja merilis daftar bertajuk 30 Under 30 Asia yang berisikan deretan anak muda yang bermukim di kawasan Asia, yang dinilai sebagai pemimpin muda yang menjanj ... Baca Selengkapnya »

Bermacam-macam usaha atau pekerjaan sukses dilakukan oleh para mantan TKI. Salah satu usaha yang dilakukan mantan TKI yang satu ini adalah penangkaran burung murai.
Burung murai adalah burung yang banyak disukai orang penghobi burung ocehan. Di alam bebas/hutan makin langka burung ini, karena penangkapan liar oleh para pemburu. Burung murai ... Baca Selengkapnya »

Kegiatan / Even TKI

PSSTKI