OPINI

Berkah Restu Ibu

39 | 2017-01-14 20:07:43


Bagi orang kampung, di usia seperti saya ini (25 tahun), melanjutkan sekolah adalah hal yang sia-sia, buang-buang waktu, pikiran, dan yang pasti menghabiskan uang. Apalagi kondisi saya yang sedang bekerja di luar negeri.

Dulu, ibu melarang saya untuk lanjut kuliah. Tentunya, dengan berbagai alasan seperti yang saya sebut tad ... Baca Selengkapnya »

Endang bin Jojo Ngahoji adalah salah satu TKI korban kecelakaan lalu lintas di kota Riyadh, Arab Saudi. Ia tertabrak sebuah mobil dan langsung meninggal di tempat kejadian saat bekerja pada Senin (28/9/2015) silam.

Endang meninggalkan seorang istri dan empat orang anak perempuan. Anak terakhir (almarhum) ketika ditinggalkan sang ayah ... Baca Selengkapnya »

Pernyataan pimpinan DPR RI Fahri Hamzah tentang keprihatinannya kepada TKI di Taiwan yang di-update oleh detiknews, Selasa (10/11), banyak menuai kritik dari para TKI di Taiwan.

Bahkan dari pernyataan awa ... Baca Selengkapnya »

Tugu Monas, Tugu Petani, Tugu Kuda, Air Mancur, Masjid Istiqlal dan Masjid Al Fata GPII adalah saksi abadi dari Aksi Bela Islam jilid III (ABI III) 2 Desember 2016 membuka lembaran sejarah baru tentang hak dan keadilan serta makna kebhinekaan yang sesungguhnya.

Peristiwa penting sedang bergulir dan terjadi di negeri ini, siapapun ti ... Baca Selengkapnya »

RUU PPTKILN merupakan tuntutan perubahan yang dibutuhkan untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ada di Luar Negeri. Mengingat begitu banyaknya masalah, baik dari pra penempatan, proses penempatan, pasca penempatan, hingga pemulangan TKI, maka perlu dibuat regulasi yang lebih mengakomodir TKI sesuai dengan situasi dan kondisi ... Baca Selengkapnya »

United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) adalah sebuah lembaga internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk urusan narkoba dan kejahatan. Salah satu fokus dari UNODC yaitu, terkait dengan kejahatan lintas negara (transnasional), perdagangan manusia dan penyelundupan manusia.

Pada hari ini Rabu (12/10), Penulis ... Baca Selengkapnya »

LiputanBMI - Kebijakan baru dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan seputar pembuatan dan pergantian dokumen buku pelaut yang sudah tidak bisa diperpanjang, kini wajib dilakukan secara online.

Namun, para pelaut menganggap kebijakan tersebut tidak berjalan dengan baik di Makassar, Sulawesi Selatan. B ... Baca Selengkapnya »

Tahun 2015 lalu, menjadi pengalaman menarik saat bertemu dengan salah satu pekerja Indonesia di Saudi Binladin Group (SBG) cabang Makkah yang awalnya hanya kenal melalui sosial media facebook. Usianya masih muda, 25 tahun. Seperti BMI lainnya, faktor ekonomi dan keinginan untuk mencari pengalaman yang membawanya ke negeri petrodollar.

... Baca Selengkapnya »

Haji Pengabdi Syetan

12 | 2016-09-12 12:06:57

Kendati ibadah haji telah ada sejak masa Nabi Ibrahim, bagi umat Islam, ia baru diwajibkan pada tahun 6 H. Walau begitu, Nabi SAW dan para sahabat belum dapat menjalankan ibadah haji karena saat itu Mekkah masih dikuasai kaum musyrik. Setelah Nabi SAW menguasai Mekkah (Fath Makkah) pada 12 Ramadan 8 H, sejak itu beliau berkesempatan beribadah haji. ... Baca Selengkapnya »

Selain bekerja di beberapa sektor, seperti perkebunan, kontruksi dan kilang (pabrik) dengan menerima upah bulanan, sebagian TKI di Malaysia yang menduduki tingkatan mahir dalam jenis pekerjaan tertentu ada yang mengorganisir kelas pekerja di bawahnya untuk bekerja mengikuti arahan dan manajemen pekerja mahir tersebut.

Oleh karena i ... Baca Selengkapnya »

Belum adanya aturan teknis tentang penempatan dan perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) di sektor pelaut di luar negeri dari Kementerian Ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan dari Pasal 28 Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (UU PPTKILN), membuat nasib perusahaan rek ... Baca Selengkapnya »

Rupa-rupanya apa yang menjadi keprihatinan para pegiat TKI dan LSM se-Riyadh belum mendapat respon sepenuhnya dari KBRI, salah satu yang menjadi sorotan adalah penyediaan air minum bagi pengunjung di ruang pelayanan konsuler dan ketenagakerjaan.

Saat upacara HUT ke-71 RI beberapa waktu lalu, para pegiat TKI dan LSM se-Riyadh menyampa ... Baca Selengkapnya »

Persoalan tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Indonesia, salah satunya dalam hal perlindungan yang dinilai belum mampu mengakomodir baik dari mulai pra, masa, hingga purna penempatan.

Dari mulai TKI ditangani oleh Dirjen Binapenta Kementerian Ketenagakerjaan, hingga pada akhirnya muncula ... Baca Selengkapnya »

Setelah moratorium selama lebih dari tiga tahun, pemerintah melalui Kepmenaker nomor 260 tahun 2015, menghentikan total penempatan TKI pada pengguna perseorangan (sektor informal). Namun bukan berarti saat ini calon TKI tidak dapat berangkat ke Arab Saudi.

Tingginya permintaan dari para majikan dan kebutuhan mendapatkan penghasilan y ... Baca Selengkapnya »

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 sudah berlalu. Nuansa nasionalisme serta patriotisme masyarakat Indonesia masih bisa kita rasakan meski tak sekhidmat kemarin. Seperti biasa, pertanyaan tentang apakah kita sudah betul merdeka atau masih terjajah menjadi pertanyaan rutin di bulan Agustus ini.

Timing, nuansa, dan kondisi ... Baca Selengkapnya »


17 Agustus 2016, 71 tahun sudah Indonesia merdeka. Perjalanan panjang bangsa Indonesia di alam kemerdekaan selama lebih dari tujuh dasawarsa telah melahirkan banyak perubahan dan kemajuan di segala bidang.

Industrialisasi –meski banyak menggusur lahan pertanian- serta pembangunan infrastruktur yang akhir-akhir ini terus ... Baca Selengkapnya »

Menurut data Bank Indonesia (BI) yang dikutip detikFinance (8/5/2015), setidaknya 1,3 juta ekspatriat asal Indonesia berada di Timur Tengah pada akhir tahun 2014. Arab Saudi menjadi negara di Timur Tengah yang menampung paling banyak WNI, yakni 1,01 juta jiwa.

Berbicara mengenai WNI di luar negeri, tentu erat kaitannya dengan pertum ... Baca Selengkapnya »

LiputanBMI - Dengan adanya tuntutan standar pelaut yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO), pelaut dunia termasuk dari Indonesia harus mengikuti syarat dan ketentuan Standards of Training, Certifitation and Watchkeeping (STCW) Amandemen Manila 2010.

Seperti dikutip dari publikasi pada website resmi Kemen ... Baca Selengkapnya »

Ketika kita mendengar kata aktivis pasti di benak kita akan terpikirkan tentang orang yang semangat, memiliki idealisme dan jiwa kepedulian sosial yang tinggi. Baik itu aktivis mahasiswa, aktivis HAM, aktivis buruh termasuk aktivis TKI/BMI.

Diantara kita mungkin ada yang pernah terlibat menjadi aktivis remaja Masjid, karangtaruna ata ... Baca Selengkapnya »

Islam, seperti dikatakan oleh Abul A'la al-Maududi, satu-satunya agama yang memandang umat manusia sebagai satu keluarga. Islam mengajarkan kepada seluruh umat manusia bahwa mereka berasal dari ibu dan bapak yang sama (Adam dan Hawa).

Sejalan dengan konsep humanitas dalam Islam, semua manusia di mana pun setara dalam harkat dan marta ... Baca Selengkapnya »

Kegiatan / Even TKI

PSSTKI