CERPEN DAN PUISI

Karma Ngarijo

Redaksi | 2017-01-19 20:02:16

Perjalanan hidup manusia di atas dunia ini, bukan hanya sebuah langkah tanpa duri dan sebab akibat. Semua pasti akan menuai hisab pada saatnya nanti. Seperti kisah yang kutulis ini.


***

Ngarijo terdiam, butiran bening mengalir dari sudut matanya. Sebagai seorang kakek, ia sangat terpukul dan menderita melihat ... Baca Selengkapnya »

"Kapan pulang, Dik?" tanyanya di telepon.

"Satu tahun lagi," jawabku singkat.

"Aku berharap, kita bisa bertemu nanti. Ada banyak hal yang ingin kukatakan," katanya.

Kalimat itu, entah sudah berapa kali diucapkan. Tetapi bila kudesak untuk mengatakan saat itu juga, selalu saja dia menolak dengan alasan ti ... Baca Selengkapnya »

Kalau orang lain ingin mempertahankan perkawinannya, aku justru menginginkan perceraian. Tentu saja semua ada sebabnya.

Keberangkatanku ke Taiwan lima tahun yang lalu karena usaha kami yang bangkrut dengan meninggalkan hutang yang tidak sedikit. Penagih yang datang silih berganti, menambah stres pikiranku dan satu-satunya jalan menja ... Baca Selengkapnya »

Izinkan Aku Menikah Lagi

Redaksi | 2016-11-23 19:15:03

Dalam kematangan usiaku saat ini, memang sudah saatnya untuk menikah. Hampir tiga puluh lima tahun sudah usiaku, teman sebaya rata-rata mereka sudah menikah, bahkan sudah memiliki anak lebih dari satu.

Mungkin karena aku terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga urusan asmara tidak pernah terpikirkan.
Alhamdulillah, aku sudah ... Baca Selengkapnya »

Tarjo dan Sriatun adalah sepasang kekasih yang sudah menjalin hubungan cinta cukup lama. Tarjo bekerja di sebuah bengkel sepeda motor, sementara Sriatun baru saja lulus SMK. Hubungan cinta Tarjo dan Sriatun berawal saat Sriatun masih sekolah di SMK yang sering dibonceng waktu pulang sekolah.

Walaupun keduanya sudah menjalin hubungan ... Baca Selengkapnya »

"Apa tidak ada pekerjaan lain lagi, yang tidak usah jauh-jauh dari keluarga?" tanya Mas Wid, kakak sulungku.

"Selama ini aku kan juga bekerja, Mas, tapi tahu sendiri pabrik lebih sering tidak ada garapan, sepi," jawabku.

"Terus... siapa yang akan mengasuh anakmu? Bukankah suamimu juga bekerja?" Mas Fariz, kakak keduaku ... Baca Selengkapnya »

Seharusnya malam itu menjadi sangat indah karena kehamilanku. Penantian yang kami tunggu hampir lima tahun usia pernikahan telah terjawab pada purnama sebulan yang lalu.

Tapi apa? Suamiku malah lebih dulu pergi untuk selama-lamanya sebelum kuberitahukan kabar gembira bahwa dia akan menjadi seorang ayah.

"Mbak Susi, y ... Baca Selengkapnya »

Kalau saja waktu bisa diputar kembali, aku akan memilih waktu tujuh tahun yang lalu. Saat aku dan kamu adalah kita, yang selalu bersama dalam suka dan duka.
Namun, kini semua hanya tinggal cerita yang masih belum tahu akan berakhir seperti apa.

Namaku Wuri, ibu dari dua putra, yang kini harus berjuang sendiri. Berjuang mempe ... Baca Selengkapnya »

Cinta suci itu adalah kesungguhan hati yang dibuktikan melalui janji suci untuk mencari ridha Illahi. Begitulah prinsip hidup yang dipegang teguh seorang pemuda bernama Muhammad Mufid.

Sambil duduk di ruang tunggu penerbangan Bandara King Abdulaziz, Jeddah sesekali Mufid mengeluarkan cincin di sakunya dan memandang dihiasi senyuman, ... Baca Selengkapnya »

Sore itu menjadi hari terakhir antara aku dan Lina, pelukan hangat dan linangan air mata menjadi bukti betapa dua insan yang saling mencintai tak mau terpisahkan.

Dengan berat hati, aku mengantarkan istriku ke Kudai, sebuah lokasi parkiran di Kota Makkah tempat berkumpulnya TKI ilegal untuk menyerahkan diri agar ditangkap otoritas s ... Baca Selengkapnya »

Hati wanita mana yang tidak terluka jika mendengar suaminya menikah lagi. Begitu juga dengan Imas, wanita 29 tahun itu sangat terpukul setelah mendengar suaminya di Jeddah, Arab saudi menikah lagi. Kota Jeddah memang dikenal sebagai kota metropolitannya Arab Saudi, selain itu Jeddah juga sebagai tempat tinggalnya WNI/TKi ilegal, tak heran jika bany ... Baca Selengkapnya »

Herman adalah anak bungsu kesayangan pasangan Pak Haji Sanusi dan Bu Hj. Zulaiha. Semua anak Pak Haji Sanusi telah mandiri hidupnya, ada yang bertani ada pula berdagang di pasar. Pak Haji Sanusi tergolong orang yang dihormati di kampung Cijengkol beliau tokoh masyarakat yang suka bersedekah.

Herman, si anak bungsu Pak Haji Sanusi te ... Baca Selengkapnya »

Tidak semua lelaki yang istrinya bekerja di luar negeri itu akan senang dan keenakan.
Namaku Anur, usiaku kini 45 tahun dengan tiga orang anak. Istriku, Rayu dulu adalah teman sekolahku.

Memang, tanpa seizinku, Rayu tidak mungkin bisa berangkat jadi TKW ke Hong Kong. Namun, aku mengizinkan Rayu pergi juga dengan keterpaksaan y ... Baca Selengkapnya »

Susi tidak seperti para TKW pada umumnya, biasanya sepulang dari luar negeri hatinya merasa gembira berkumpul kembali dengan keluarga. Susi hanya banyak diri di rumahnya tidak keluar berbelanja ke mall atau ke pasar. Bila anaknya sudah berangkat sekolah Susi langsung ke kamar, ia keluar lagi kalau ada tamu atau tetangga datang. Susi takk pernah ngo ... Baca Selengkapnya »

"Kapan kalian akan mengembalikan uang kami?!" seru salah seorang anggota koperasi kepada Aini dan Aryo, suaminya yang duduk diam bagai terdakwa.

"Bapak-bapak, ibu-ibu, beri kami waktu. Kami akan terus berusaha mengembalikan uang-uang itu, tapi tentu saja tidak bisa secepatnya," ucap Aini sambil menunduk menahan malu.

" ... Baca Selengkapnya »

Yadi adalah anak seorang buruh tani penyadap karet di daerah Penyandingan, OKU Sumatera Selatan. Orang tua Yadi berasal dari tanah Jawa yang merantau ke Sumatera. Kehidupan keseharianya hanya buruh menyadap karet milik orang lain. Sekalipun orang tua Yadi tidak punya kebun karet sendiri, tapi dari buruh menyadap itu bisa mencukupi kebutuhan sekol ... Baca Selengkapnya »

Pada hakikatnya hidup berumah tangga harus dijalani bersama kala suka dan duka, namun pilihan berat rupanya sedang dialami Salimin semenjak Sarinah (istrinya) meminta izin untuk bekerja ke Arab Saudi. Delapan tahun berumah tangga dengan Salimin dalam kondisi ekonomi pas-pasan membuat Sarnah membulatkan tekad untuk hijrah mencari rizki ke negeri ora ... Baca Selengkapnya »

Seandainya waktu ibu pamit pergi kerja ke luar negeri, aku telah mengerti maksudnya, pasti akan kularang. Ketika itu, aku masih sekolah taman kanak-kanak. Adik baru berusia tiga tahun. Kami masih terlalu kecil untuk mengerti masalah orang tua.

Aku hanya ingat, ibu berkata,"Ibu akan mencari uang yang banyak, biar bisa membangun rumah, ... Baca Selengkapnya »

Aku Seorang TKI

Redaksi | 2016-07-03 09:24:34

Nasib telah membawaku kesini
Bila aku boleh memilih, aku ingin menjadi seorang majikan saja
Bukan seorang TKI

Bukanya mudah menjadi TKI
Bermental baja dan siap melawan kepedihan
Penderitaan itu makananku
Kesengsaraan penawar dahagaku

Sendiri menghadapi belahan dunia
Bertaruh ... Baca Selengkapnya »

Dengarlah keinginan hatiku ini
Aku datang dari jauh, dari seberang lautan sana
Dengan berbekal tekad dan tujuan, semata hanya ingin memperbaiki kehidupan keluargaku
Terimalah aku untuk tinggal bersama kalian, perlakukan aku seperti saudara kalian sendiri
Agar aku merasa seperti berada ditengah-tengah keluargaku sendiri ... Baca Selengkapnya »

Kegiatan / Even TKI

PSSTKI