Berita > Komunitas
RSJ Hong Kong, Bukti BMI Peduli
23 Jan 2016 19:00:34 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 841
Ket: RSJ HK dan kegiatan RSJ di Banyuwangi
Foto: dokumen RSJ

Hongkong, LiputanBMI - Didasari oleh sebuah niat dan keinginan agar dapat berbagi kepada sesama, bersedekah, dengan cara menyisihkan sebagian gaji yang diterima setiap bulan untuk membantu saudara-saudara sebangsa yang nasibnya kurang beruntung.

Sekelompok warga Banyuwangi yang bekerja sebagi Buruh Migran di Hong Kong, bersepakat untuk bergabung dengan sebuah komunitas sosial Rombongan Sedekah Jalanan (RSJ) yang berpusat di Banyuwangi, Jawa Timur dengan mendirikan cabang yang diberi nama Rombongan Sedekah Jalanan cabang Hong Kong.

Dimotori oleh, Ziti Aminah, Yunieta Bella, Endha Sistyawan dkk, sejak 18 Oktober 2015, RSJ-HK resmi berdiri dan disahkan oleh RSJ pusat Banyuwangi untuk melakukan kegiatan, baik itu pengumpulan donasi ataupun acara lainnya yang berkaitan dengan kegiatan sosial di bawah naungan RSJ pusat.

Sebuah kegiatan positif yang tidak hanya patut mendapat acungan jempol, tetapi juga dapat menginspirasi buruh migran yang lain untuk berbuat kebaikan.

Dalam usianya yang relatif muda, RSJ-HK sudah bisa ikut berkontribusi menghimpun dana zakat, infaq, atau sedekah untuk didistribusikan kepada anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan wilayah Jawa Timur pada umumnya.

Menurut salah satu pengurus RSJ-HK yang dihubungi LiputanBMI Sabtu, 23-01-2016, keberadaan RSJ-HK adalah jawaban nyata atas pandangan negatif kebanyakan orang terhadap TKI.

“Tidak semua TKI itu negatif seperti yang dipikirkan kebanyakan orang, kami membuktikan itu dengan mengisi hari libur bersama Rombongan Sedekah Jalanan (RSJ),” ujar Yunieta Bella, salah satu pengurus RSJ-HK, buruh migran asal Banyuwangi kepada LiputanBMI via sambungan seluler.

Rombongan Sedekah Jalanan adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan yang berusaha ikut membantu meringankan beban pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan anak yatim piatu yang tidak mampu untuk hidup layak seperti yang lainnya.

RSJ melakukan penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf, kemudian didistribusikan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa secara langsung di sekitar wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Jawa Timur pada umumnya. Rombongan Sedekah Jalanan (RSJ) didirikan di Banyuwangi pada 10 Mei 2015, dan Rombongan Sedekah Jalanan Hong Kong ( RSJ-HK) adalah cabang RSJ yang berada di luar negeri.

Mahmudi, ketua RSJ pusat yang berada di Banyuwangi ketika dikonfirmasi oleh LiputanBMI membenarkan keberadaan cabang RSJ di Hong Kong sekaligus memberikan dukungan penuh atas tujuan mulia kawan-kawan Buruh Migran yang mempunyai kepedulian kepada sesama, khususnya terhadap anak yatim piatu dan para dhuafa yang berada di Indonesia.

“Secara pribadi, saya mendukung penuh dan juga bangga, ternyata kawan-kawan buruh migran di Hong Kong juga mempunyai kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama,” ujar lelaki yang biasa dipanggil Kang Mudi via pesan WhatsApp, Sabtu siang (23/01).(FGO)

Editor: RedEx (23/01).
(FK, 23/01)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki