Berita > Seputar TKI
Kepala BP3TKI Bandung Yakinkan Peserta Edukasi Kewirausahaan
28 Nov 2015 09:03:52 WIB | Abdul Hadi | dibaca 2258
Ket: MoU Peserta dengan Mitra Usaha
Foto: Nanang Karawang

Karawang, LiputanBMI - Secercah harapan muncul dari muka para peserta kegiatan program edukasi kewirausahaan BP3TKI Bandung 2015. Apa yang menjadi keraguan banyak pihak tentang sulitnya marketing dari hasil produksi, dijawab oleh Kepala BP3TKI Bandung Delta, SH. MM. dengan membuat MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa pihak lembaga penggandeng untuk menyangga apa yang dihasilkan (produk) oleh peserta edukasi kewirusahaan.

Ada tiga mitra yang digandeng oleh BP3TKI Bandung untuk menjamin jalannya kewirausahaan apa yang akan dijalankan oleh para peserta edukasi ini, yaitu LKM (Lembaga Keuangan Mikro) BMT Al-Ikhlas selaku penjamin modal, Entitas Pekerja selaku penjamin market, LSP-P1 (Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama)/Kabid teaching factory SMKN 1 Cibadak selaku penjamin kualitas produk, BP3TKI Bandung dan Disnaker Karawang sebagai pengawas seluruh kegiatan program pemberdayaan terintegrasi ini.

Dalam sambutannya, Kepala BP3TKI Bandung mensugesti peserta “agar setiap ketua kelompok atau pengurus kelompok yang ada di lima desa harus terus menerus bersilaturrahmi, bersahabat, berkomunikasi dengan para anggotanya dengan cara apapun, yaitu terus membicarakan aksi kewirausahaan. Jadi jangan diam, mulai hari ini juga seterusnya jika ada anggota-anggotanya yang males-malesan, yang ngomongin sesuatu yang ngga bermartabat, ngga bermanfaat, ngga produktif, yang tidak ada bobotnya yang tidak mengomongi persoalankewirausahaan, yang tidak ngomongin hasil edukasi ini, tinggalkan!”. Demikian paparnya di depan semua peserta edukasi yang diliput tim liputanbmi.

Di penghujung acara MoU (Memorandum of Understanding) Delta, SH. MM. mengajak kepada semua peserta program edukasi untuk merenung bersama, “jika anda ingin kehidupan yang sederhana, maka anda akan menghadapi masalah yang sederhana, jika anda ingin kehidupan yang terbaik, maka anda pasti akan menghadapi masalah yang paling sulit dan menyakitkan”.

“Segala bentuk kesuksesan bukanlah tentang seberapa jeniuskah anda menjual kehidupan kesuksesan adalah mengenai kemampuan anda untuk menghadapi dan mengarungi kesulitan dengan senang hati dan bahagia”, Ungkapnya di akhir penutupan MoU.

Semua peserta merasa termotivasi dan tertantang dengan kalimat terakhir yang disampaikan oleh Kepala BP3TKI Bandung, Delta, SH. MM. yang disambut sorak semangat .

(HDI, 28/11)

Universitas Terbuka Riyadh
-