Berita > Seputar TKI
PMI Wajib Tahu, Mengenal Sepeda Listrik Lolos Uji Berikut Sanksi-sanksi Bagi Pelanggar
14 Jan 2021 12:23:10 WIB | Hani Tw | dibaca 1763
Ket: Mengenal Sepeda Listrik Lolos Uji Berikut Sanksi-sanksi Bagi Pelanggar
Foto: China times
Taipei, LiputanBMI - Sepeda listrik maupun sepeda dengan bantuan tenaga listrik merupakan salah satu alat Transportasi bagi pekerja migran di Taiwan.

Namun pekerja migran belum banyak yang mengetahui bahwa sepeda listrik Itu ada memenuhi persyaratan yang layak dan lolos uji serta ada yang tidak lolos uji.

Metode identifikasi sepeda listrik yang lolos uji sebelum 30 Juni 2016 berupa sticker hologram yang di tengahnya ada gambar petir berwarna merah yang ditempel di pipa sepeda depan dengan jelas.

Dan mulai dari 1 Juli 2016 berupa stiker bertuliskan 合格標章 自行電動車 dan digantung di bagian mencolok belakang sepeda.

Adapun untuk sepeda dengan bantuan tenaga listrik logo lolos uji berbentuk stiker yang di tengahnya ada gambar petir warna kuning dan ditempel di bagian mencolok pada pipa sepeda depan bawah.

Sementara itu, sertifikat lolos uji akan dilampirkan bersama sepeda.

Selain hal tersebut di atas, mengendarai sepeda listrik di jalan raya juga harus mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas.

Saat ini polantas memfokuskan untuk melakukan pemeriksaan pada pengendara sepeda listrik. Apabila melanggar dan membahayakan keselamatan orang lain akan dikenakan sanksi maupun denda, bahkan jika yang melanggar adalah pekerja migran bisa terancam di deportasi.

Berikut sanksi-sanksi maupun denda yang berkaitan dengan sepeda (bantuan tenaga) listrik.

1. Pasal 32 ayat 1.
Mengendarai sepeda (dengan bantuan tenaga) listrik tanpa mengambil dan menempel logo lolos uji sesuai ketentuan yang berlaku akan dikenakan denda NTD 1200 - NTD 3600, dan dilarang mengendarai sepeda.

2. Pasal 72.
Memodifikasi perangkat sepeda sendiri tanpa izin, akan dikenakan denda NTD 180, dan diperintahkan untuk memasang atau melakukan perbaikan dalam batas waktu yang ditentukan.

3. Pasal 72.
Tidak menjaga kesempurnaan dan kelengkapan dari perlengkapan keselamatan seperti rem, klakson, cahaya dan reflektor cahaya sesuai ketentuan yang berlaku, akan dikenakan denda NTD 180 ,dan diperintahkan untuk memasang atau melakukan perbaikan.

4. Pasal 72.
Menambah, mengurangi, merubah perangkat panel kendali listrik atau spesifikasi asal sepeda listrik yang telah dikendarai atau digunakan, sesuai peraturan baru akan dikenakan denda NTD 1800 - NTD 5400, dan diperintahkan untuk melakukan perbaikan.

5. Pasal 72 ayat 1.
Kecepatan pengendaraan sepeda listrik yang telah dikendarai atau digunakan telah melebihi kecepatan maksimum yang diperbolehkan dalam lolos uji sesuai tipe tersebut yakni 25 km/jam. Sesuai dengan peraturan baru akan dikenakan denda NTD 900 ~ NTD 1.800.

6. Pasal 73 ayat 1 butir 3.
Tidak membelok kiri (kanan) dua segmen atau mengendarai di sebelah kanan sesuai ketentuan akan dikenakan denda NTD 300~NTD 600.

7. Pasal 73 ayat 1 butir 6. Selama mengendarai sepeda, menggunakan ponsel, komputer atau perangkat yang memiliki fungsi serupa untuk menelepon, berbicara, atau melakukan data komunikasi atau tindakan lain yang dapat mengganggu keselamatan pengendaraan selama mengendarai sepeda, akan dikenakan denda NTD 300 ~ NTD 600.

8. Pasal 73 ayat 2.
Hasil uji konsentrat alkohol melewati standar yang diberlakukaan, akan didenda NTD 600 ~ NTD 1200.

9. Pasal 73 ayat 3.
Bagi yang menolak menerima tes uji yang disebutkan sebelumnya akan didenda NTD 2400.

10. Pasal 73 ayat 4.
Pengendara sepeda listrik tidak mengenakan helm sesuai ketentuan. Sesuai peraturan baru akan dikenakan denda NTD 300.

11. Pasal 74 ayat 1 butir 1.
Mengendarai sepeda tanpa mengindahkan rambu lalu lintas, garis tanda, petunjuk lalu lintas akan dikenakan denda NTD 300 ~ NTD 600.

12. Pasal 74 ayat 1 butir 3.
Menerobos jalur cepat tanpa mematuhi ketentuan yang berlaku dikenakan denda NTD 300 ~NTD 600.

13. Pasal 74 ayat 1 butir 4.
Memarkir kendaraan tidak sesuai ketentuan akan dikenakan denda NTD 300 ~ NTD 600.

14. Pasal 74 ayat 1 butir 5.
Mengendarai di trotoar atau jalur cepat akan dikenakan denda NTD 300 ~ NTD 600.

15. Pasal 76 ayat 2.
Pengendara sepeda biasa dan sepeda bantuan tenaga listrik membonceng anak kecil tidak sesuai ketentuan. Sesuai peraturan baru akan dikenakan denda NTD 300 ~ NTD 600.

Ketentuan dan pengenaan denda yang disebutkan di atas mengacu pada pengumuman terbaru tentang Ketentuan Pengenaan Denda Dari Pihak Pengelola Lalu Lintas & Jalan Raya.

Sedangkan tanggal pelaksanaan "ketentuan baru" yang disebutkan di atas sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh Administratif eksekutif Yuan.
(HNI/, 14/01)
Universitas Terbuka Riyadh
-