Berita > Seputar TKI
21 ABK Terkonfirmasi Covid-19, CECC Rencakan Stop Pengiriman ABK ke Taiwan
28 Dec 2020 09:50:59 WIB | Hani Tw | dibaca 508
Ket: 21 ABK Terkonfirmasi Covid-19, CECC Rencakan Stop Pengiriman ABK ke Taiwan
Foto: Liberty Times Net
Taipei, LiputanBMI - CECC dalam siaran persnya kemarin (27/12) mengumumkan bahwa sejak November hingga hari ini sebanyak 21 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Juru bicara CECC mengatakan, ada penambahan dua kasus baru kemarin, keduanya adalah awak kapal dari Indonesia yang berumur 20 dan 30 tahun lebih, mereka masuk ke Taiwan tanggal 10 Desember lalu.

Menurut keterangan wakil CECC, Chen Zong-yan, bulan ini sebenarnya pengiriman PMI ke Taiwan sudah ditutup untuk sementara, namun penyetopan tersebut tidak termasuk ABK.

Chen Zong-yan menambahkan, hal ini dikarenakan permintaan pengusaha perikanan lepas pantai yang meminta supaya mendatangkan ABK sebelum musim panen tiba.

Dalam bulan Desember ini ada 800 lebih pekerja migran ABK yang masuk Taiwan, menurut perkiraan, pertengahan bulan Januari mereka bisa berangkat berlayar untuk menangkap ikan.

Saat itu, pengusaha perikanan juga mempertimbangkan setelah ABK masuk Taiwan harus menjalani Karantina selama 14 hari dan mengikuti manajemen kesehatan mandiri selama 7 hari baru kemudian bisa berlayar.

Dilansir Liberty Times Net (28/12), Chen Zong-yan mengatakan, dalam beberapa hari ini banyak ABK yang terkonfirmasi covid-19,
CECC juga menyatakan bahwa karena batas waktu musim penangkapan ikan akan segera berakhir, setelah ini tidak ada pengiriman ABK ke Taiwan lagi.

Berdasarkan data statistik, sejak bulan November jumlah pekerja migran dan ABK tercatat ada 155 kasus, kasus sebelumnya sebanyak 134 kasus dan ditambah lagi 21 kasus dari ABK.
(HNI/, 28/12)
Universitas Terbuka Riyadh
-