Berita > Seputar TKI
Mulai Hari ini MOL Tidak Lagi Berlakukan Perekrutan Jangka Pendek untuk Pekerja Migran di Taiwan
24 Nov 2020 21:23:51 WIB | Hani Tw | dibaca 1916
Ket: Mulai Hari ini MOL Tidak Lagi Berlakukan Perekrutan Jangka Pendek untuk Pekerja Migran di Taiwan
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Kementerian tenaga kerja Taiwan (MOL) hari ini (24/11) menyatakan bahwa tidak akan membuka lagi aplikasi perekrutan maupun perpanjangan kontrak jangka pendek bagi pekerja migran.

Aplikasi perekrutan tersebut ditutup dan proses perekrutan pekerja migran untuk proses kembali majikan maupun pindah majikan diberlakukan kembali seperti sebelumnya.

MOL memutuskan hal tersebut karena setelah dilakukan peninjauan ternyata banyak majikan yang masih membutuhkan pekerja migran,dan mengatakan, apabila mereka melakukan proses perekrutan jangka pendek hanya akan meningkatkan prosedur administrasi.

Kepala badan pengembangan tenaga kerja Tarnsnasional kementerian tenaga kerja (WDA), Sie Jian-zhong mengatakan, saat ini penerbangan untuk pekerja migran sudah dibuka kembali sehingga pekerja migran sudah bisa pulang ke negaranya.

Lebih lanjut Sie Jian-zhong mengatakan, berdasarkan kestabilan hubungan antara pekerja dan majikan, maka mulai hari ini tidak lagi diberlakukan perekrutan pekerja migran jangka pendek.

Program perekrutan jangka pendek dengan masa kontrak selama tiga atau enam bulan beberapa waktu lalu diberlakukan mengingat adanya penyebaran virus Corona, sehingga tidak ada jadwal penerbangan dan menyebabkan banyak pekerja migran yang tidak bisa pulang ke negara asal.

Dilansir United Daily News (24/11), menurut data statistik dari WDA, jumlah total perekrutan jangka pendek hingga tanggal 15 November sebanyak 1989 dengan jumlah terbanyak adalah pekerja formal.
(HNI/, 24/11)
Universitas Terbuka Riyadh
-