Berita > Pelaut
Gugatan Pelaut, PN Manado Vonis PD Bangun Bitung Bayar Pesangon Rp 275 Juta
25 Sep 2020 01:24:26 WIB | Syafii | dibaca 1423
Ket: Foto KM Tude milik PD Bangun Bitung
Foto: Google
Nasional, LiputanBMI - Manado, Gugatan perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diajukan oleh dua orang pelaut selaku Penggugat terhadap Perusahaan Daerah Bangun Bitung (PD BB) selaku Tergugat dikabulkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri (PHI-PN) Manado, Sulawesi Utara.

Dalam perkara No. 13/Pdt.Sus-PHI/2020/PN Mnd tersebut, Majelis Hakim PHI-PN Manado yang diketuai oleh Relly Dominggus Behuku memutus perkara itu dengan Amar Putusan mengabulkan gugatan Para Penggugat berupa hak Uang Pesangon (UP), Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK), dan Uang Penggantian Hak (UPH) dengan total keseluruhan Rp. 275.243.064, yang dibacakan pada tanggal 17 September 2020.

Jumlah hak tersebut, diperuntukkan dengan rincian bagi Herson Welfrid Palatangara (Penggugat I) sebesar Rp. 222.856.955 dan bagi Stevenson Lakada (Penggugat II) sebesar Rp. 52.386.469, sesuai dengan masa kerja Para Penggugat.

Terhadap putusan tersebut, PD BB kemudian mengajukan upaya hukum Kasasi terhadap putusan itu, yang diajukan pada tanggal 18 September 2020.

Sebelumnya, Para Penggugat merupakan pelaut yang dipekerjakan oleh Tergugat pada kapal penyeberangan KM Tude. Setelah mereka di PHK, Pergerakan Pelaut Indonesia cabang Sulawesi Utara mendampingi mereka dalam upaya penyelesaian di tingkat Bipartit dan Tripartit, yang kemudian gagal menemukan penyelesaian.

“Berbekal Surat Anjuran dari Mediator Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung, maka kami bekerja sama dengan Tim Kuasa Hukum Missio Justitia untuk menggugat PD BB ke PHI-PN Manado,” pungkas Ketua PPI Sulut, Anwar Abdul Dalewa.
(IS/IS, 25/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-