Berita > Info Penting
Bus Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di New Taipei
05 Aug 2020 18:53:34 WIB | Hani Tw | dibaca 324
Ket: Bus Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di New Taipei
Foto: Taiwan today
Taipei, LiputanBMI - Bus otomatis yang dikembangkan oleh Chunghwa Telecom, Kingwaytek Technology, dan Tanshui Bus Transportation Co, resmi beroperasi secara terbatas mulai tanggal 3 Agustus 2020 dengan trayek Stasiun LRT Kanding - Pusat Perbelanjaan Miranew Square.

Bus ini adalah kendaraan umum pertama yang mengintegrasikan sistem kendaraan tanpa pengemudi dengan teknologi seluler C-V2X, yaitu teknologi yang membuat kendaraan mampu berkomunikasi dengan kendaraan lain, jaringan pemantau, atau objek tidak bergerak, seperti rambu dan lampu lalu lintas.

Dilansir Taiwan Today (4/8), bus ini memiliki kapasitas untuk mengangkut 20 orang penumpang sekali jalan, dan beroperasi setiap hari Selasa-Jumat mulai pukul 11.00 hingga 22.00.

Bus akan datang setiap 20 menit sekali, dan jam operasional tambahan diberlakukan setiap akhir pekan.

Selama bulan Agustus, bus ini hanya akan mengangkut grup atau rombongan dari perusahaan, universitas, atau warga sekitar yang berjumlah 5 orang ke atas, dan terlebih dahulu harus memesan.

Layanan bus otomatis ini akan tersedia untuk umum mulai bulan September 2020.

Sementara itu, pada tanggal 14 Juli lalu Wakil Menteri Perekonomian, Lin Chuan-neng, dan Bupati Kabupaten Changhua, Wang Huei-mei, meresmikan peluncuran bus kecil (minibus) otomatis pertama di Taiwan.

Bus tanpa kemudi ini diberi nama “WinBus” dan juga dikembangkan oleh Kingwaytek Technology Co Ltd (ARTC), Chunghwa Telecom, serta Automotive Research & Testing Center, dan seluruh komponennya menggunakan produk buatan dalam negeri.

WinBus tidak memiliki setir (steering wheel), dan dapat bergerak menentukan arah dengan mengandalkan sensor dan radar optik.

WinBus beroperasi mulai tanggal 15 Juli 2020 di kawasan industri Changhua Binhai, melewati Brand’s Health Museum, dan Ribbon Museum dengan trayek sepanjang 7,5 kilometer.

Setelah masa percobaan usai, jumlah armada bus dan jam keberangkatan akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan penumpang.
(HNI/IYD, 05/08)
Universitas Terbuka Riyadh
-