BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
33 Jenazah WNI yang Tertahan di Kuala Lumpur akan Dipulangkan Bertahap Mulai 19 Juni
18 Jun 2020 18:25:04 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 4360
Ket: ilustrasi
Foto: google
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Proses pemulangan 33 jenazah WNI yang hingga saat ini masih tertahan di bandara Kuala Lumpur akan diterbangkan ke Tanah Air secara bertahap mulai Jumat, 19 Juni 2020.

Menurut keterangan pengurus Ikatan Keluarga Madura (IKMA) Malaysia, Jamal Al Fateh, jenazah para WNI yang pada umumnya berprofesi sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia itu dijadwalkan akan dipulangkan ke Indonesia dalam enam kali penerbangan, yaitu tanggal 19, 20, 21, 23, 25, dan 27 Juni 2020.

“Jadwal penerbangan yang sudah pasti, yaitu tanggal 19 Juni 2020 tujuan Jakarta sebanyak 9 jenazah dan penerbangan tujuan Surabaya tanggal 20 Juni 2020 sebanyak 4 jenazah. Untuk jadwal penerbangan yang lain, kami masih menunggu konfirmasi dari pihak maskapai. Biasanya, sehari sebelum penerbangan baru ada konfirmasi jadi terbang atau di-cancel,” kata Jamal.

Lebih lanjut Jamal mengatakan, untuk jadwal penerbangan tanggal 21 Juni, sebanyak 5 jenazah akan diterbangkan ke Jakarta. Selanjutnya, penerbangan tujuan Surabaya tanggal 23 Juni 5 jenazah, penerbangan tujuan Jakarta tanggal 25 Juni 5 jenazah, dan terakhir penerbangan tujuan Surabaya tanggal 27 Juni sebanyak 5 jenazah.

“Untuk penerbangan tujuan Jakarta tanggal 19 Juni 2020 yang membawa 9 jenazah, 7 jenazah akan dihantar ke Jawa Timur, sedangkan 2 jenazah lainnya akan dihantar ke keluarga mereka di Jakarta dan Lampung,” katanya.

Terkait proses penghantaran jenazah dari bandara ke kampung halaman masing-masing, Jamal menjelaskan, pihak Badan Perlindungan PMI (BP2MI) akan memfasilitasi semuanya.

“Proses penghantaran jenazah hingga ke rumah duka masing-masing difasilitasi sepenuhnya oleh BP2MI. Pihak BP2MI sudah menghubungi semua ahli waris keluarga untuk verfikasi,” jelas Jamal.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat terkendala pernerbangan gara-gara wabah virus corona, proses pemulangan 29 jenazah WNI dari Malaysia (update per 13 Juni 2020 sudah bertambah jadi 33 jenazah, Red) masih tertahan di bandara Kuala Lumpur.

Baca: BP2MI akan Urus Pemulangan 33 Jenazah WNI yang Tertahan di Bandara Kuala Lumpur

Sebelumnya, kata Jamal, pihak IKMA Malaysia sudah mencoba berusaha negosiasi dengan pihak maskapai, gasket (agen pemulanagn jenazah) serta meminta bantuan ke KBRI Kuala Lumpur, tetapi belum membuahkan hasil.

Dalam diskusi virtual yang digelar HOME Singapura, Sabtu (13/6), Jamal mengadukan persoalan ini kepada Kepala BP2MI agar membantu pengurusan pemulangan jenazah yang prosesnya di Malaysia telah diurus IKMA dan langsung mendapat respon dari Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

(FK/FK, 18/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-