BNI Saudi Arabia
Berita > Info Penting
Penting! Sensus Penduduk Online akan Berakhir Hari ini, Sudahkah Anda Berpartisipasi
29 May 2020 10:31:37 WIB | Hani Tw | dibaca 1066
Ket: Sensus Penduduk Online akan Berakhir Hari ini, Sudahkah Anda Berpartisipasi
Foto: Internet
Surabaya, LiputanBMI - Hari ini, Jum’at (29/5/2020), merupakan hari terakhir pengisian data secara online Sensus Penduduk tahun 2020. Apabila ada tidak bisa mendaftar atau menemui kendala saat pengisian melalui online maka Badan Pusat Statistik (BPS) mengimbau penduduk untuk menunggu kedatangan petugas sensus pada bulan Juli 2020 mendatang.

Bagi anda yang ingin melakukan pengisian secara online, hari ini masih ada kesempatan, sebelum mengakses situs Sensus Penduduk 2020 (SP2020) siapkan dulu Kartu Keluarga (KK)/Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Dokumen Pernikahan/Dokumen Perceraian/Surat Keterangan Kematian, termasuk juga untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.


Berikut cara pengisian data SP2020 secara online:
1. Pastikan anda berada di area yang jaringan internetnya stabil. Buka link: https://sensus.bps.go.id/login.

2. Pilih bahasa Indonesia, lalu masukkan NIK dan KK. Kemudian masukkan kode angka captcha (ada 6 digit) di kolom sebelah kanan, kemudian klik "Cek keberadaan".

3. Buat password, lalu pilih pertanyaan keamanan, setelah itu klik “buat password” untuk pengamanan data yang sudah Anda catatkan pada Sensus Penduduk Online.

4. Pada laman ini anda mulai menginput data keluarga dan menjawab kurang lebih 20 pertanyaan lalu klik “Lanjutkan” yang ada pada kolom kanan bawah. Kemudian masuk ke pengisian daftar anggota keluarga, selanjutnya masuk lagi ke laman Data Penduduk, lalu klik “Lanjutkan”.
Ingat! Jawab seluruh pertanyaan dengan jujur dan valid, jangan sampai dikosongkan.

5. Masuk pada laman Ringkasan pengisian sensus. Pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga “sudah update” semua (sudah ada tanda conteng), lalu klik "kirim". Supaya data yang sudah diinput tidak hilang, maka sebelum kita klik "kirim" terlebih dahulu klik "Simpan Sementara (kolom kanan atas)", tujuannya apabila ada yang perlu ditambahkan atau ada kesalahan dalam pengisian sebelumnya data masih tersimpan jadi tidak perlu mengisi dari awal.

6. Hasil akhir dari pengisian SP2020 online membuktikan bahwa pengisian sudah selesai. Pada laman ini akan muncul "unduh bukti pengisian". Kita bisa membuka dan dowload untuk melihat hasil dari pendaftaran sensus Penduduk 2020.

Apabila selama pengisian nomor KK dan KTP di laman tersebut terkendala ketidakcocokan antara kartu keluarga ( KK) dan nomor induk kependudukan ( NIK) maka sebaiknya mencoba masuk menggunakan KK lama.

Mengutip informasi resmi Badan Pusat Statistik atau BPS, kendala ketidaksinkronan antara KK dan NIK terjadi karena penduduk menggunakan KK terbaru yang dibuat pada periode tahun 2020. Sementara di sisi lain, dalam Sensus Penduduk Online 2020, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang berasal dari data administrasi pendudukan milik Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar.
(HNI/IYD, 29/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-