BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Suasana Sholat Idulfitri di Taipei, Tetap Khusyu' Meski Dalam Situasi Pandemi COVID-19
25 May 2020 09:43:19 WIB | Hani Tw | dibaca 1407
Ket: Suasana Sholat Idulfitri di Taipei, Tetap Khusyuk Meski Dalam Kondisi Pandemi COVID-19
Foto: Faisal Soh
Taipei, LiputanBMI - Hari Minggu (24/5/2020) adalah Hari Raya Idulfitri 1441 H yang merupakan kemenangan bagi umat Muslim di dunia setelah sebulan lamanya melaksanakan puasa Ramadhan, dimana pada hari itu akan melaksanakan sholat Idulfitri.

Sama halnya dengan umat Muslim di Taiwan, Hari Raya Idulfitri sudah ditetapkan oleh Pemerintah Taiwan sebagai salah satu Hari Raya di negara dengan jumlah penduduk 23.78juta, adapun yang mayoritas memeluk agama Islam didominasi oleh PMI dan pendatang dari Timur Tengah.

Akan tetapi karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, sebagian wilayah di Taiwan meniadakan Sholat Idulfitri termasuk masjid Agung Taipei sedangkan sebagian wilayah lainnya telah mendapatkan izin dari otoritas setempat termasuk Plaza Travel dekat Stasiun Taipei.

Pemerintah kota Taipei City, bekerja sama dengan asosiasi Muslim Taiwan juga Badan pengembangan tenaga kerja (WDA) mengizinkan pelaksanaan Sholat Idulfitri diadakan di lapangan area Plaza Travel seperti tahun sebelumnya namun dengan ketentuan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh CECC.

Secara kebetulan Hari Raya Idulfitri kali ini bertepatan dengan Hari Minggu, maka ribuan PMI dari berbagai wilayah datang untuk mengikuti pelaksanaan Sholat Idulfitri.

Mereka sangat mematuhi kebijakan yang ditetapkan oleh panitia, seperti mengukur suhu badan sebelum memasuki area sholat dan menjaga jarak sosial serta mengenakan masker ketika melaksanakan sholat.

Untuk menghindari celah penularan secara kelompok, pelaksanaan Sholat yang shafnya biasanya secara berdekatan, kali ini berjarak sekitar 1 meter, jamaah juga dibatasi maksimal sekitar 250 orang, dan dibagi menjadi lima kloter.

Perayaan lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya setelah melaksanakan sholat para PMI akan berkumpul di aula TMS untuk saling bersilaturrohmi, makan bersama serta menghabiskan liburan di sana.

Untuk tahun ini, ruangan aula dijaga ketat oleh petugas keamanan kereta api, pengunjung tidak diperbolehkan duduk-duduk di dalam aula, apabila ada yang masuk maka akan disuruh keluar tidak terkecuali PMI.

Selanjutanya, banyak PMI yang melanjutkan kegiatan makan-makan, kumpul-kumpul di area sekitar TMS bagian luar.

Sementara itu, untuk menyambut dan menghormati datangnya Hari Raya Idulfitri petugas dari Biro kereta api Taiwan (TRA) membagikan air aqua kepada sebagian PMI di depan pintu masuk TMS.

Selain itu, Biro Tenaga Kerja Kota Taipei menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri dengan tema "Cerita dari Pesta Asia Tenggara", dengan mendirikan banner berbentuk segitiga yang menyerupai nasi kuning di pintu masuk bagian Selatan, siapapun bisa menulis pesan atau ucapan kepada pekerja Migran Indonesia kemudian menempelkan ke banner tersebut.
(HNI/IYD, 25/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-