BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
ABK Asal Malang Meninggal di Atas Kapal Taiwan, Jenazah Dipulangkan
16 May 2020 19:07:48 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1171
Ket: jenazah KH
Foto: SBMI (Salsa)
Nasional, LiputanBMI - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) asal Kabupaten Malang, Jawa Timur meninggal dunia di atas kapal penangkap ikan Fu Yu Fong 202 Taiwan.

Jenazah ABK berinisial KH tersebut telah dipulangkan ke Tanah Air dan telah dimakamkan di kampung halamannya, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Jumat (15/5) malam.

Menurut keterangan pengurus Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI), Salsa Nofelia, KH meninggal dunia di atas kapal pada 22 April 2020 karena sakit perut dan serangan jantung.

"Informasi yang kami dapat, almarhum meninggal karena sakit perut dan angin duduk atau serangan jantung," kata Salsa.

pemakaman jenazah (alm) KH
Ket. foto: pemakaman jenazah (alm) KH
Sumber foto: SBMI (Salsa)



Lebih lanjut Salsa mengatakan, jenazah KH tiba di rumah duka sekitar pukul 21.00 WIB dengan didampingi petugas LP3TKI (UPT BP2MI) wilayah Surabaya yang memfasilitasi ambulance dan langsung dimakamkan.

Dalam proses pemulangan jenazah, kata Salsa, pihak agency di Taiwan dan PT yang memberangkatkan KH menjadi ABK cukup kooperatif.

"Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemulangan jenazah ini, yaitu KDEI Taiwan, agency di Taiwan, BP2MI, LP3TKI Surabaya, dan UPT BP2MI (P4TKI) Malang, serta teman-teman DPLN SBMI Taiwan dan DPD SBMI Banjarejo yang ikut mengawal prosesnya. Pihak PT juga cukup kooperatif, menanggung biaya pemulangan," kata Salsa yang ikut hadir pada acara pemakaman.

Terkait hak-hak KH, Salsa mengatakan saat ini sedang dalam proses dan SBMI akan terus mengawalnya hingga semua yang menjadi hak almarhum terpenuhi.

"Dokumen almarhum sudah dikembalikan oleh pihak PT ke keluarga. Untuk asuransi dan hak gaji sedang dalam proses dan SBMI akan terus memantau," pungkas Salsa.
(FK/FK, 16/05)

Universitas Terbuka Riyadh
-