Berita > Seputar TKI
KJRI Jeddah Keluarkan Surat Perpanjangan Paspor Untuk PMI yang Pulang Darurat
15 May 2020 16:52:26 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1779
Ket: Surat perpanjangan paspor darurat dari KJRI Jeddah
Foto: LBMIKSA
Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah telah mengeluarkan surat perpanjangan paspor secara darurat bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang ke Indonesia.

Konsul Imigrasi-1 KJRI Jeddah, Ahmad Zaeni mengatakan di tengah situasi pandemi seperti ini para pemohon perpanjangan paspor tidak perlu datang ke KJRI Jeddah. Pemohon hanyadiminta mengirimkan data paspor dan iqamah ke call center KJRI Jeddah di nomor +966503609667.

"Pemohon cukup mengirimkam data paspor dan iqamah serta menuliskan perpanjangan paspor ini dalam rangka apa, perpanjangan iqama atau pulang," ujarnya saat dkonfirmasi LiputanBMI melalui sambungan seluler, Jumat (15/5/2020).

KJRI Jeddah, lanjut Ahmad Zaeni, akan membekali pemohon dengan surat perpanjangan paspor yang nantinya dapat ditunjukkan ke petugas imigrasi (Jawazat) di Bandara. Setiap Surat telah dicantumkan barcode resmi Kemenkumhan sehingga tidak bisa dipalsukan.

"Sebenarnya kami telah mengeluarkan surat ini pada 1 Mei 2020, tapi kita melakukan percobaan dulu apakah diterima atau tidak oleh pihak Imigrasi Saudi (Jawazat). Akhirnya mereka (jawazaat, Red) menerima, bahkan sampai saat ini tidak ada masalah baik itu untuk yang mengajukkan final exit maupun yang mengajukkan perpanjangan iqama," terangnya.

Ahmad Zain meminta masyarakat yang membutuhkan bantuan atau pelayanan keimigrasian untuk menghubungi langsung call center dengan mengirim data lengkap dan menguraikan jenis permasalahannya.

"KJRI akan terus berupaya memberikan bantuan dan pelayanan yang maksimal. Tapi masyarakat juga kalau melapor harus jelas menguraikan masalahnya. Dalam situasi seperti ini saya harap kita semua dapat menjaga kesehatan dan bermedsos dengan bijak," pungkasnya.
(IYD/IYD, 15/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-