BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
PMI Terinfeksi Corona Terbanyak di Malaysia, 108 Positif 2 Meninggal
15 May 2020 14:40:26 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1480
Ket: ilustrasi
Foto: CNN Indonesia
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Berdasarkan laporan Atase Ketenagakerjaan di 11 negara penempatan yang disampaikan kepada Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah sebagaimana telah dipublikasikan melalui situs resmi Kemnaker (kemnaker.go.id) pada 10 Mei 2020 lalu, jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terpapar Covid-19 sebanyak 587 orang.

Dari jumlah tersebut, PMI yang positif terkena Corona sebanyak 224 orang dan yang terbanyak adalah PMI di Malaysia, yaitu 108 orang.

Info grafik yang dirilis Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) pada April lalu juga menyebut data yang sama. Dari 601 orang bukan warga negara Malaysia yang positif terinfeksi Covid-19, 108 orang di antaranya adalah warga negara Indonesia.

info grafik KKM tentang data bukan warga Malaysia positif Covid-19
Ket. foto: info grafik KKM tentang data bukan warga Malaysia positif Covid-19
Sumber foto: KKM

Pun demikian data Kementerian Luar Negeri RI. Seperti dilaporkan Antara, Rabu (13/5), per 13 Mei 2020, terdapat 108
WNI di Malaysia yang positif terinfeksi Covid-19. Dari jumlah tersebut, 27 orang telah sembuh, 79 orang masih dalam perawatan, dan dua orang dinyatakan meninggal dunia.

Terkait penanganan WNI di negeri tetangga yang terinfeksi Covid-19, aktivis Migrant CARE Malaysia, Alex Ong mengatakan, biaya perawatan semua pasien positif Covid-19 (termasuk WNI) ditanggung oleh pemerintah Malaysia.

Oleh karena itu, kata Alex, perwakilan pemerintah RI di Malaysia perlu melakukan pendampingan dan konseling setelah para WNI tersebut selesai menjalani perawatan.

“Kalo positif, pemerintah Malaysia akan beri rawatan secara gratis hingga sembuh. KBRI seharusnya ada perdampingan dan kounseling psaikologi dan melakukan follow up selepas rawatan,” kata Alex.

Ketika LiputanBMI mengonfirmasi hal ini ke Kedutaan RI di Malaysia, sebuah sumber dari KBRI Kuala Lumpur membenarkan bahwa semua WNI yang positif terinfeksi Covid-19 ditangani sepenuhnya oleh pemerintah Malaysia.

“Semuanya ditangani pemerintah Malaysia,” kata sumber tersebut singkat.
(FK/FK, 15/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-