BNI Saudi Arabia
Berita > Info Penting
Berikut Cara Memperoleh Token Gratis Listrik Prabayar di Indonesia Selama Masa Pembebasan Biaya dan Diskon
03 Apr 2020 09:46:49 WIB | Hani Tw | dibaca 6549
Ket: Cara Memperoleh Token Gratis Listrik Prabayar di Indonesia Selama Masa Pembebasan dan Diskon
Foto: website PLN
Jakarta, LiputanBMI - Sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk meringankan beban masyarakat akibat dampak wabah virus Corona atau COVID-19, Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan tentang pembebasan biaya tarif listrik dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga selama tiga bulan mendatang yaitu mulai April hingga Juni 2020.

Pembebasan biaya tarif listrik berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA (R1/450 VA) sedangkan diskon 50% diperuntukkan bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi (R1/900 VA).

Untuk periode bulan April token prabayar bagi pelanggan listrik yang menggunakan pulsa sudah dapat diakses. Secara bertahap akan diperbaharui paling lambat 11 April 2020.

Token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA maupun diskon 50% bagi pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi selama tiga bulan terakhir yaitu mulai bulan Desember 2019 hingga Februari 2020.

Adapun cara untuk memperoleh token gratis, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkannya.

Untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA, pelanggan dapat mengaksesnya melalui website resmi PLN www.pln.co.id, atau PLN Mobile serta nomor WhatsApp 0812-2123-123.

Setelah mendapatkan kode token listrik gratis, selanjutnya angka kode pada token listrik tersebut dimasukkan ke kWH Meter sesuai nomor ID pelanggan. Pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Sementara itu, bagi pelanggan yang menggunakan sistem pasca bayar (tagihan bulanan) akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni, perincian bisa dilihat ditagihan bulan berikutnya.

Dan berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka alamat website PLN www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan Gratis/diskon stimulus PSBB.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter lalu klik Cari . Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123, dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Pembebasan ataupun keringanan biaya tariff listrik ini akan berlaku selama tiga bulan, mulai bulan April hingga Juni 2020. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan diperpanjang, tergantung pada lamanya penanganan kasus COVID-19.
(HNI/IYD, 03/04)
Universitas Terbuka Riyadh
-