BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Berikut Keuntungan Program Perluasan MD Secara Mandiri Bagi Overstayer di Taiwan yang Berlaku Mulai 1 April
31 Mar 2020 20:17:03 WIB | Hani Tw | dibaca 2102
Ket: Mulai 1 April Program Perluasan MD Secara Mandiri Bagi Overstayer di Taiwan Diberlakukan Lagi, Berikut Keuntungannya
Foto: Line today
Taipei, LiputanBMI - Untuk mengurangi merebaknya penyebaran virus Corona, pada tanggal 20 Maret 2020 Badan Imigrasi Nasional Taiwan (NIA) kembali mengumumkan adanya perluasan program penyerahan diri secara mandiri bagi pendatang asing yang overstay di Taiwan.

Program penyerahan diri secara mandiri diberlakukan mulai tanggal 1 April hingga 30 Juni 2020, akan tetapi sudah diberlakukan bagi mereka yang menyerahkan diri sejak diumumkan oleh NIA pada tanggal 20 Maret lalu.

Ada tiga keuntungan bagi mereka yang menyerahkan diri secara mandiri selama program tersebut:

1. Tidak ditahan. Setelah menyerahkan diri tidak akan dilakukan penahanan atau bisa menunggu di luar selama menunggu proses pulang.

2. Tidak ada masa cekal atau blacklist untuk kembali ke Taiwan. Bagi yang menyerahkan diri selama masa program dapat masuk lagi ke Taiwan dalam waktu yang singkat.

3. Denda terendah, hanya NTD 2000. Bagi yang menyerahkan diri secara mandiri, maka hanya dikenakan denda hanya NTD 2000. Apabila ada oknum yang menawarkan bantuan dan meminta biaya lebih dari itu harus ditanyakan untuk apa saja biaya tersebut.

Sementara itu, apabila tidak menyerahkan diri secara mandiri selama masa program berlaku dan tertangkap maka akan ditahan, dan akan dikenakan denda antara NTD 2000~NTD 10.000, serta akan kena cekal (blacklist) selama beberapa tahun baru bisa masuk Taiwan.

Program ini akan berakhir tanggl 1 Juli 2020. Setelah program ini berakhir bagi overstayer yang tertangkap maupun menyerahkan diri, akan diproses berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, mengupayakan amendemen undang-undang agar denda dan hukuman diperberat, masa cekal menjadi lebih panjang.

Saluran telepon bebas pulsa untuk penyerahan diri secara mandiri, pelaporan terhadap majikan dan agen ilegal: 0800-024-881 atau 1955. Untuk informasi selengkapnya terkait program ini, bisa buka website imigrasi: www.immigration.gov.tw
(HNI/IYD, 31/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-