BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Mulai Tanggal 14 Maret, Pekerja Migran Masuk Taiwan Wajib Lakukan Pengurusan Kesehatan Pribadi Selama 14 Hari
15 Mar 2020 22:18:53 WIB | Hani Tw | dibaca 9774
Ket: Mulai Tanggal 14 Maret, Pekerja Migran Masuk Taiwan Wajib Lakukan Pengurusan Kesehatan Pribadi Selama 14 Hari
Foto: Dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Pusat Pengendalian Penyakit Menular (CDC) Taiwan mengumumkan bahwa mulai tanggal 14 Maret 2020 pekerja migran yang datang dari negara terpapar virus Corona harus melakukan pengurusan kesehatan pribadi selama 14 hari.

Negara asal pekerja migran yang dimaksud adalah Indonesia, Vietnam, Philippine dan Thailand. Saat ini negara-negara tersebut sudah termasuk negara tujuan pariwisata internasional yang sudah terjangkit wabah virus Corona.

Dalam website resminya CDC menegaskan, supaya pekerja migran atau siapapun yang memasuki Taiwan wajib mematuhi tindakan pencegahan negara setempat.

Adapun langkah-langkah atau tindakan untuk melakukan pengurusan kesehatan pribadi antara lain:

1. Menjaga kebersihan tangan, biasakan sering mencuci tangan, pada prinsipnya dapat menggunakan sabun dan air bersih, atau menggunakan cairan pencuci tangan dari alkohol untuk membersihkan tangan. Harap diperhatikan untuk tidak menyentuh mata, hidung dan mulut langsung dengan tangan anda. Apabila tangan tersentuh lendir dari saluran pernafasan, harap mencuci tangan dengan air bersih dan sabun hingga bersih.

2. Selama masa pengurusan kesehatan pribadi, ukurlah suhu badan setiap hari pada pagi dan malam hari, isi secara mendetail suhu badan dan riwayat aktifitas.

3. Apabila tidak ada gejala apapun, boleh bebas beraktifitas seperti biasa, tetapi hindari bepergian ke tempat umum. Saat bepergian, selama perjalanan anda wajib mengenakan masker medis.

4. Apabila demam, gejala sesak nafas ataupun tidak enak badan, wajib mengenakan masker medis, dan segera periksa ke dokter. Saat periksa ke dokter, beritahu dokter mengenai riwayat kontak, riwayat perjalanan anda, riwayat tempat anda tinggal , paparan pekerjaan, serta apakah ada teman anda yang memiliki gejala yang serupa.

5. Selama anda sakit diharuskan isitrahat di rumah, dan memakai masker medis, hindari bepergian. Saat masker terkena lendir mulut dan hidung, harus segera diganti yang baru dan lipat ke bagian dalam baru dibuang ke tong sampah.

6. Selama anda sakit, saat berkomunikasi dengan orang lain, selain memakai masker medis, harap menjaga jarak lebih dari 1 meter.
(HNI/IYD, 15/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-