BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Isak Tangis Keluarga Sambut Kedatangan Jenazah PMI Asal Indramayu Dari Jeddah
07 Mar 2020 00:18:57 WIB | Juwarih | dibaca 11044
Ket: Kiri, photo almarhumah. Kanan, jenazah almarhumah tiba di kampung halamannya di Desa Bojongslawi, Kec. Lohbener, Kab. Indramayu, Jawa Barat.
Foto: LiputanBMI.com
Indramayu, LiputanBMI - Isak tangis keluarga dan para tetangga menyambut kedatangan Jenazah almarhumah Kuraesin BT Tarmad Milah (33), Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Indramayu yang meninggal dunia akibat terjatuh dari ketinggian saat hendak kabur dari salah satu tempat penampungan agency (syarikah saed) di Jeddah, Arab Saudi, pada 8 Februari 2020.

Menurut pemberitaan di cuplik.com, jenazah diberangkatkan dari Bandara Soekarno - Hatta sekitar Pukul 10.00 WIB. Pada pukul 14.50 WIB, ambulance yang membawa jenazah tiba di rumah duka di Blok Winong, RT. 005, RW. 002, Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Jum'at 6 Maret 2020.

"‌Keluarga dan tetangga almarhumah Kuraesin langsung histeris saat peti jenazah dikeluarkan dari Ambulan, kakak kandung almarhumah sempat pingsan ketika peti jenazah dibuka untuk memastikan apakah itu benar jenazah almarhumah Kuraesin," tulis wartawan cuplik.com.

Selain keluarga dan para tetangga, tampak hadir menyambut kedatangan jenazah almarhumah yaitu dari Polsek Lohbener, Pemerintah Desa Bolongslawi, dan perwakilan dari BP3TKI Bandung.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa atau Kuwu Desa Bojongslawi Surudin, melalui Lurah Kusen menyampaikan ucapan turut belasungkawa atas meninggal dunia warganya saat bekerja di luar negeri.

"Kami atas pribadi dan mewakili pemerintah Desa Bojongslawi mengucapkan turut belasungkawa atas meninggal almarhumah Kuraesin, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ucapnya.

Jasad almarhumah sudah dalam keadaan terkafani, tercium juga bau menyengat formalin (Bahan Pengawet) saat dibuka peti jenazahnya. Tak lama langsung disholatkan untuk segara dikebumikan. 

‌Setelah selesai disholatkan, jenazah Kuraesin langsung dibawa ke Tempat Pemakaman Umum Buyut Suger di Blok Winong, Desa Bojongslawi, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, pemakaman dihadiri oleh keluarga, tetangga dan teman almarhumah. 

Diketahui, almarhumah Kuraesin menjadi PMI unprosedural/ilegal ke Arab Saudi direkrut oleh Idah, calo atau sponsor warga Blok III, RT. 003, RW. 004, Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Dari Idah, diserahkan Rini, sponsor warga Blok Sukamulya, RT. 002, RW. 001, Desa Sendang, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Oleh Rini, Kuraesin dilimpahkan ke perekrut yang di Jakarta bernama Nadia, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi, oleh Nadia, almarhumah ditempatkan di penampuang daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

Setelah dua Minggu berada di tempat penampungan kemudian pada pada, 5 November 2019 diberangkatkan dari Bandara Soekarno - Hatta menuju Singapura, dari Singapura kemudian ke Arab Saudi.

Dua bulan bekerja di Arab Saudi, almarhumah gonta ganti majikan sebanyak 5 kali, sehingga membuat dirinya ingin pulang karena apa yang dijanjikan oleh pihak perekrut kenyataan tidak sesuai dengan yang ia alami saat bekerja di Arab Saudi.
(JWR/IYD, 07/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-