Berita > Info Penting
Jarinya Putus Karena Kecelakaan Kerja, Bisakah PMI Klaim Asuransi BPJS? Berikut Jawabannya
25 Feb 2020 20:16:35 WIB | Hani Tw | dibaca 1099
Ket: PMI Kecelakaan Kerja Jarinya Putus Bisakah Klaim Asuransi BPJS? Berikut Jawabannya
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Mulai awal Agustus 2017, BPJS Ketenagakerjaan diberikan wewenang untuk melaksanakan program jaminan sosial terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Salah satu tugas dari BPJS yaitu memberikan perlindungan terhadap PMI baik yang bekerja di sektor formal maupun informal.

Sementara itu, fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan antara lain memberikan jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK) kepada PMI peserta BPJS.

Jadi selain jaminan kematian, apabila ada PMI yang mengalami kecelakaan kerja dan mengakibatkan anggota tubuhnya hilang atau cacat permanen seperti jari diamputasi bisa mengajukan klaim asuransi BPJS di Indonesia.

Adapun persyaratan pengajuan klaim asuransi BPJS untuk kasus kecelakaan kerja sebagai berikut:

1. Pastikan status pemohon adalah sebagai PMI resmi.

2. Pastikan PMI mempunyai asuransi BPJS Indonesia. Ini merupakan salah satu pentingnya asuransi Indonesia, sebagai proteksi untuk peserta asuransi.

3. Pastikan ada dokumentasi selama perawatan dari rumah sakit negara penempatan hingga penyembuhan.

4. Pastikan ada rekaman medis (medical record) dalam bahasa Inggris.

5. Pastikan PMI punya rekening Indonesia atas namanya sendiri.

6. Untuk PMI di Taiwan, pengajuan dan penanganannya akan dibantu oleh KDEI Taipei.

Pada kesempatan lain, staff KDEI bagian pengurusan klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan, Pak Untung, mengatakan, terhitung mulai akhit tahun 2019 sampai dengan bulan Februari ini sudah ada beberapa PMI yang sudah dibantu untuk pengajuan klaim asuransi kecelakaan kerja di Indonesia hingga pencairan.

Dengan demikian, setiap PMI di Taiwan selain mempunyai astek bagi pekerja formal dan asuransi kecelakaan kerja di Taiwan atau Yi Wai Pao sien (意外保險) disarankan untuk ikut serta asurani BPJS Ketenagakerjaan atau dalam bahasa mandarin disebut Hai Wai Pao Shien 海外保險.

Bagi PMI yang baru memperpanjang kontrak, pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dilakukan dengan mengakses Sistem Informasi Perpanjangan Kontrak PMI Taiwan "SIPKON" atau 續聘不回國訊息系統,在台印尼移工 di website KDEI Taipei. Pengisian data diri serta lampiran dokumen semua dilakukan secara online
(HNI/IYD, 25/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-