BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Sebelas Komunitas Keluarga Buruh Migran Ikuti Pameran Gelar Produk PMI Purna 2019 di Bandung
16 Dec 2019 18:26:59 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 1790
Ket: Karya mantan PMI dipamerkan pada Gelar Produk PMI Purna 2019 di Kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung
Foto: Pikiran Rakyat
Bandung, LiputanBMI - Sebanyak (KKBM) dan tiga Komunitas Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna di wilayah Provinsi Jawa Barat mengikuti Gelar Produk PMI Purna 2019 di Kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Senin, 16 Desember 2019.

Beberapa produk yang bisa ditemukan pada gelar produk ini di antaranya adalah Tempe Kojo, Kopi Gandasari, kerajinan akar wangi, yoghurt, Baso Aci Mangbhubhu, dan masih banyak lagi produk makanan, minuman, fesyen, juga kerajinan.

Kepala BP3TKI Bandung, Delta mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk dukungan BP3TKI Bandung bagi komunitas-komunitas PMI Purna di Jabar.

Melalui kegiatan tersebut, PMI Purna didorong agar lebih percaya diri dalam mengembangkan usaha.
"Ini juga menjadi jembatan bagi para komunitas agar bisa membangun jejaring bisnis dengan dinas dan stakeholder lain," ujarnya.

Sejak 2011, melalui kegiatan Edukasi Keuangan dan Kewirausahaan yang terselenggara di 19 Kabupaten di Jabar, BP3TKI Bandung telah mempunyai 4.950 anggota binaan PMI Purna yang terbagi dalam 180 kelompok/paguyuban.

"Dalam perjalanannya, beberapa kendala yang kerap muncul antara lain terkait pembiayaan atau modal usaha, distribusi dan pemasaran produk, kemasan produk dengan nilai jual rendah, hinggal legalitas produk usaha," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, BP3TKI Bandung menggandeng BNI menyelenggarakan kegiatan gelar produk PMI Purna.

Gelar produk tersebut bukan hanya diproyeksikan sebagai solusi pemasaran, untuk memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan kegiatan wirausaha para PMI Purna, tapi juga menjadi sarana untuk membantu membuka akses jejaring bagi mereka.

"Harapan kami, melalui kegiatan ini akan terjadi sinergitas program antara komunitas PMI Purna dengan stakeholder yang hadir," ujarnya.

Sebelas KKBM yang terlibat antara lain: KKBM Kabupaten Subang, Garut, Indramayu (Majasih), Indramayu (Sukra), Majalengka, Kuningan, Purwakarta, Cirebon, Sukabumi, Karawang, juga KKBM Kabupaten Sumedang.

Sedangkan komunitas PMI Purna yang terlibat adalah Komunitas PMI Purna wilayah priangan timur, Komunitas PMI Purna di Kabupaten Bandung, Komunitas PMI Purna di Kabupaten Bandung Barat serta Komunitas PMI Purna di Cianjur.

Selain pameran produk, pada kegiatan ini juga digelar talkshow bersama MUI, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, dan Bank Indonesia, serta cooking class.

(Sumber: Pikiran Rakyat)


(JWD/JWD, 16/12)
Universitas Terbuka Riyadh
-