Berita > Seputar TKI
Polres Subang Tetapkan Rohim dan Suci Sebagai DPO Kasus Penipuan Calon PMI
04 Nov 2019 19:29:45 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 3198
Ket: Pasangan suami istri ditetapkan sebagai DPO oleh Polres Subang atas tindak pidana penipuan dan penggelapan kepada 17 calon PMI ke Taiwan
Foto: SBMI Indramayu
Indramayu, LiputanBMI - Kepolisian Resort Subang menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap perekrut pasangan suami istri (pasutri) bernama Abul Rohim dan Suci Cipta Devi yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap 17 Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Taiwan.

Pasutri tersebut merupakan warga Dusun Jabong, RT. 026, RW. 006, Desa Jabong, Kecamatan Pegaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sebagaimana disampaikan ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu, Juwarih kepada LiputanBMI melalui pesan WhatsApp, pada Senin 4 November 2019.

"Berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari Polres Subang yang kami terima Polres, menginformasikan bahwa pihaknya sudah menerbitkan DPO terhadap Rohim dan Suci," ucap ketua SBMI Indramayu.

Juwarih menyampaikan, bahwa pihaknya pada 6 Mei 2019 menyampaikan surat aduan ke Polres Subang, melaporkan perekrut (Abdul Rohim dan Suci Cipta Devi) atas dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap 17 orang calon PMI laki-laki ke Taiwan.

Pada 12 Mei 2019, Darsono, salam satu korban dengan didampingi SBMI Indramayu membuat laporan ke Polres Subang dengan bukti lapor Nomor : LP-B/220/V/2019/JBR/RES SBG.

Abdul Rohim dan Suci dilaporkan karena diduga telah melakukan perbuatan melanggar hukum, menipuh atau menggelapkan uang sebesar Rp 165 juta milik 17 orang calon PMI Taiwan.

"Atas perbuatan Rohim dan Suci Polisi memberlakukan Pasal 372 Jo 378 KUHPindana ," ujar Juwarih.

Juwarih, mengimbau kepada masyarakat apabila ada yang mengetahui keberadaan Abdul Rohim dan Suci, agar menginformasikan kepada Penyidik Unit III/Tipidter, Reskrim Polres Subang atau ke SBMI Indramayu.

"Apabila ada masyarakat yang mengetahui keberadaan Rohim dan Suci silakan menghubungi ke No. Tlp :(0260) 411209, atau ke HP saya No : 085224481957," pungkasnya.
(IYD/IYD, 04/11)
Universitas Terbuka Riyadh
-