Berita > Seputar TKI
PMI Ini Terciduk Imigrasi Taiwan Ketika Sedang Siaran Langsung di Facebook
25 Oct 2019 21:02:02 WIB | Hani Tw | dibaca 5805
Ket: PMI ilegal tertangkap ketika sedang siaran langsung di Facebook
Foto: united daily news
Kaohsiung, LiputanBMI - Pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal, sebut saja A Juan (nama samaran) tertangkap petugas imigrasi Kaohsiung ketika sedang siaran langsung makan hot pot dan karaoke di akun Facebooknya pada 19 Oktober 2019 malam lalu.

Ketika ditangkap, A Juan waktu itu siaran langsung sedang karaoke dan makan hot pot di toko Indonesia bersama temannya, ribuan orang yang menonton siaran langsungnya, demikian ditulis United Daily News, 25/10/2019.

Departemen Imigrasi yang menerima laporan bahwa A Juan adalah PMI illegal bergegas ke sekitar stasiun Kereta Api Kaohsiung untuk melakukan investigasi keberadaan A Juan dan akhirnya menemukan A Juan di toko Indonesia di mana pekerja migran sering berkumpul.

Ketika tertangkap petugas imigrasi, A Juan berulang kali mempertanyakan bagaimana staf imigrasi menemukannya. Ia berpikir bahwa teman Facebooknya kebanyakan orang Indonesia sehingga ia berani siaran langsung. Ia tidak menyangka ternyata bahwa ia tidak bisa bersembunyi dari imigrasi, iapun segera menutup akun Facebook.

Setelah dilakukan pemeriksaan, A Juan adalah pekerja migran yang sudah habis masa kontrak kerjanya, karena khawatir majikan tidak mengambilnya lagi maka A Juan memutuskan dan memilih untuk kabur menjadi pekerja ilegal.

Menurut pengakuannya, selama dua tahun menjadi pekerja illegal A Juan bekerja serabutan dan tinggal di rumah temannya. Dari hasil kerjanya A Juan bisa melangsungkan hidup di Taiwan, kadang-kadang ia makan bersama temannya. Ia tidak menyangka kalau siaran langsungnya di Facebook telah menyebabkan dirinya tertangkap.
(HNI/IYD, 25/10)
Universitas Terbuka Riyadh
-