Berita > Info Penting
Untuk Permudah Pencarian Informasi Ketenagakerjaan, WDA Taiwan Sediakan Layanan Dalam Lima Bahasa
20 Oct 2019 20:28:21 WIB | Hani Tw | dibaca 1665
Ket: Website WDA Taiwan sediakan layanan multibahasa untuk memudahkan pekerja migran mencari informasi
Foto: website WDA
Taipei, LiputanBMI - Untuk mempermudah pekerja migran mencari informasi terkait ketenagakerjaan maupun pengetahuan tentang hukum yang berlaku di Taiwan, laman website Workforce Development Agency (WDA) telah dilengkapi dengan layanan lima bahasa.

Menurut Kementerian Tenaga Kerja hal tersebut memungkinkan pekerja migran dari berbagai negara dan masyarakat umum memiliki informasi secara instan tentang pekerjaan, pemeliharaan hak dan undang-undang di Taiwan dengan lima bahasa yaitu Bahasa Mandarin, Inggris, Vietnam, Thailand, Indonesia.

Dengan disediakannya layanan multibahasa, pekerja migran selain lebih mudah mencari berita tentang ketenagakerjaan juga bisa melakukan pencarian tentang bagaimana mengurus proses pindah majikan, maupun mancari majikan bahkan bisa mengecek sampai mana prosesnya dengan meng-klik kolom pemeriksaan pergantian majikan TKA.

Seperti ditulis dalam website WDA (17/10/2019), untuk menanggapi keragaman aplikasi teknologi informasi, halaman website masih mengadopsi desain responsif untuk memfasilitasi pengguna, dengan menggunakan ponsel atau perangkat seluler lainnya untuk menelusuri informasi.

Sebenarnya layanan multibahasa tersebut sudah disediakan beberapa waktu lalu, akan tetapi masih terus dilakukan upaya pembenahan supaya lebih lengkap dan mudah. Adapun untuk bisa terhubung dengan website WDA versi Bahasa Indonesia langsung klik saja link berikut https://fw.wda.gov.tw/wda-employer/home

Sedangkan untuk mengecek pemeriksaan pergantian majikan TKA, kembali ke majikan, pindah majikan karena habis kontrak, dan lain-lain bisa klik link berikut https://fw.wda.gov.tw/wda-employer/home/fortrans/foreign

Selain itu masih banyak situs-situs yang disediakan dalam Bahasa Indonesia, seperti kegiatan-kegiatan dari pekerja migran, kursus Mandarin, kegiatan sosialisasi maupun peraturan-peraturan yang berkaitan dengan hukum dan denda serta hukumannya apabila dilanggar.
(HNI/IYD, 20/10)
Universitas Terbuka Riyadh
-