Berita > Seputar TKI
PMI Taiwan Antusias Ikuti Pelatihan Pertanian Organik Bersama KDEI Taipei
08 Sep 2019 22:49:41 WIB | Hani Tw | dibaca 571
Ket: Pelatihan Pertanian Organik Bersama KDEI Taipei
Foto: Dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Kantor Dagang Ekonomi dan Indonesia (KDEI) Taipei bekerja sama dengan Petani Organik Distrik Peitou, Taipei City kembali mengadakan pelatihan pertanian organik pada Minggu, 8 September 2019.

Suasana panas menyengat tidak menyurutkan semangat peserta pelatihan yang mayoritas Pekerja Migran Indonesia (PMI), mereka benar-benar mendengarkan setiap arahan dari pemandu pelatihan yang juga sebagai pemilik lahan pertanian organik Lu Min-Hui (盧敏慧).

Pada pagi hari pelatihan diawali dengan praktik lapangan yaitu menanam bibit sayuran secara langsung pada lahan yang sudah siap ditanami.

Sedangkan untuk sore hari, pemandu pelatihan Lu Min-Hue mengajarkan bagaimana cara menyemai biji sayuran ke dalam tempat penyemaian dan cara perawatannya.

"Untuk menyemai bibit tanaman organik, sebaiknya pilihlah tanah yang sudah disahkan oleh dinas pertanian sebagai tanah yang tidak mengandung bahan kimia, "jelas Lu Min-Hue.

Selain mengajari cara penyemaian, Lu Min-Hue memberikan pengarahan dengan mengenalkan beberapa jenis tanaman sayuran yang cocok untuk di tanam di Indonesia dan bagaimana memilih benih dan jenis sayuran yang bagus untuk bisa dipasarkan dengan harga tinggi.

"Jika memilih sayuran yang mau dipasarkan, pilih sayur yang gagangnya besar sehingga berat saat ditimbang, jangan memilih sayur yang kelihatannya banyak tapi timbangannya ringan, "pesan Lu Min-Hue sambil menunjuk jenis sayur sawi.

Acara ditutup dengan memberikan sertifikat kepada 18 peserta pelatihan yang disampaikan langsung oleh panitia penyelenggara Pelatihan dari KDEI Taipei,Paul dan Lisa, kemudian diakhiri foto bersama sebelum meninggalnya lokasi.
(HNI/IYD, 08/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-