Berita > Seputar TKI
Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik Melalui Postingan FB di Taiwan
04 Sep 2019 22:21:08 WIB | Hani Tw | dibaca 704
Ket: Cara melaporakan pencemaran nama baik melalui FB
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Akhir-akhir ini banyak sekali kita temui postingan-postingan di media sosial terutama Facebook Pekerja Migran Taiwan (PMI) yang mengunggah setatus dengan kata-kata menghujat, memfitnah, menjelek-jelakkan, menuduh sehingga mencemarkan nama baik seseorang.

Sebenarnya hal itu sudah merupakan pelanggaran hukum di Taiwan, dimana korban belum tentu melakukan tindakan kejahatan tersebut. Kemungkinan ia hanya menjadi korban karena hasutan orang lain atau difitnah. Sehingga membuat korban kehilangan ruang gerak atau bahkan bisa menyebabkan penyakit tekanan mental.

Sebagaimana dijelaskan pengacara Taoyuan City Employment Institute Association (TCESIA) kepada LiputanBMI (3/9/2019) saat ditemui di ruang kerjanya, ketika sedang menangani kasus salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI), korban pencemaran nama baik yang tersebar di Facebook (FB).

Menurutnya, sebagai korban bisa saja melaporkan postingan tersebut kepada pihak yang berwajib jika memang benar-benar tidak melakukan tindakan seperti yang disebarkan di media sosial dengan membawa bukti-bukti baik berupa foto maupun screen short (SS).

Adapun cara melaporkan pencemaran nama baik melalui FB milik pribadi, FB Group, LINE Group, WA group adalah sebagai berikut:

1. Catat atau SS postingan yang berisi tentang kata-kata yang berisikan ancaman, pencemaran nama baik, menghujat, memfitnah, menuduh dan lain-lain.

2. Ketika meng-SS, harus jelas dimanakah postingan tersebut diunggah? Di halaman FB pribadi atau FB group atau media lainnya.

3. Ketika meng-SS harus jelas waktu, hari serta tanggal yang tertera di postingan tersebut.

4. Ketika meng-SS harus jelas berapa banyak orang yang melihat dan memberikan tanda “like” (suka).

5. Ketika meng-SS harus jelas berapa banyak orang yang ikut coment pada postingan tersebut.

6. Sebaiknya semua komentar di SS secara berurutan dari awal hingga akhir.

7. Apabila postingan tersebut di share orang lain, cari dan kumpulkan siapa saja yang telah meng-share postingan tersebut.

8. Jika pencemaran nama baik melalui inbox, hanya berlaku untuk inbox di group.

9. Laporan tidak berlaku untuk inboxan pribadi.

10. Sebelum melakukan pelaporan, postingan harus diterjemahkan ke dalam Bahasa mandarin.

Jika penyebar postingan tidak ada itikad baik untuk meminta maaf baik secara pribadi maupun melalui media sosial, maka korban bisa melakukan tuntutan atas apa yang dilakukan oleh penyebar fitnah tersebut.

Sanki dan hukuman bagi yang dengan sengaja menyebarkan fitnah di media sosial.
Sesuai dengan pasal 310:
Dengan sengaja berniat menyebarkan ke publik, dan menuduh atau menceritakan orang-orang dengan tujuan merusak reputasi orang lain yang bersalah melakukan pencemaran nama baik, maka akan dihukum penjara tidak lebih dari satu tahun, penahanan pidana atau denda tidak lebih dari NTD 500.

Mereka yang menyebarkan kata-kata dan juga gambar (foto) untuk melakukan kejahatan sebagaimana paragraf sebelumnya harus dihukum penjara jangka waktu tidak lebih dari dua tahun, penahanan pidana atau denda kurang dari NTD 1000.

Sumber: 第 310 條:意圖散布於眾,而指摘或傳述足以毀損他人名譽之事者,為誹謗罪,處一
年以下有期徒刑、拘役或五百元以下罰金。
散布文字、圖畫犯前項之罪者,處二年以下有期徒刑、拘役或一千元以下
罰金。
對於所誹謗之事,能證明其為真實者,不罰。但涉於私德而與公共利益無
關者,不在此限.
(HNI/YLA, 04/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-