Berita > Ekosospol
Jawazat: Ekspatriat yang Pulang Dengan Final Exit Dapat Kembali ke Saudi Dengan Visa Baru
01 Sep 2019 19:24:52 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1278
Ket: Jawazat
Foto: Saudi Gazette
Jeddah, LiputanBMI - Direktorat Jenderal Imigrasi Arab Saudi (Jawazat) membantah rumor yang beredar bahwa ekspatriat yang meninggalkan Arab Saudi dengan visa keluar akhir (leaving on final exit) akan dilarang kembali ke Saudi selama tiga tahun.

"Siapa pun yang telah meninggalkan Arab Saudi dengan visa keluar final secara teratur, maka mereka berhak untuk kembali dengan visa baru," kata Direktorat Jenderal Imigrasi Arab Saudi dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Rabu (28/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Jawazat juga menjelaskan bahwa denda akan dikenakan atas keterlambatan pembaruan izin tinggal (iqama) tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa.

“Denda akan dikenakan sebesar SR500 untuk keterlambatan pembaruan untuk pertama kalinya. Dan keterlambatan kedua kalinya, denda akan menjadi SR1, 000 dan jika ada keterlambatan dalam pembaruan ketiga kalinya, hukuman akan dideportasi," terangnya.

Jawazat menegaskan kembali, bahwa sistem ini memungkinkan pembaruan izin tinggal bagi orang asing yang mempunyai keluarga, maka kepala rumah tangga harus berada di Arab Saudi.
(IYD/IYD, 01/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-