Berita > Seputar TKI
Update: Puing-Puing Ditemukan di Dekat Lokasi Kapal Taiwan yang Hilang
23 Aug 2019 21:10:38 WIB | Yully Agyl | dibaca 1268
Ket: Kapal Taiwan yang hilang
Foto: CNA
Taichung, LiputanBMI - Puing-puing kapal nelayan Taiwan yang hilang di perairan Samudra Pasifik akhir pekan lalu telah terlihat enam mil laut dari tempat kapal tersebut diperkirakan hilang. Demikian jelas Badan Perikanan Taiwan saat dikonfirmasi hal tersebut oleh awak media, Jumat (23/8/2019).


Kapal Jin Long Tai No. 6 yang terdaftar di Su'ao meninggalkan pelabuhan nelayan Nanfang'ao pada 6 Juli, dan posisi terakhir yang diketahui adalah sekitar 2.600 mil laut timur (timur laut Taiwan) atau sekitar 700 mil laut barat laut dari Midway Atoll pada 18 Agustus.


Menurut pemilik kapal, dia terakhir kali berkomunikasi dengan kapten kapal pada Minggu 18 Agustus sekitar jam 4 sore dan setelah itu tidak ada kabar lagi walaupun berusaha menghubungi melalui telepon satelit.


Sebagaimana dilansir CNA, Jumat (23/8), Badan Perikanan menyampaikan, transmisi data sistem pemantauan kapal (VMS) dan sistem identifikasi otomatis (AIS) keduanya hilang sekitar waktu yang sama.

Kapal Jin Long Tai No. 6 adalah longliner tuna sepanjang 25,7 meter yang beratnya 86,73 metrik ton. Kapal dioperasikan oleh seorang kapten Taiwan dan delapan awak, yang terdiri dari satu orang Cina dan tujuh orang Indonesia.


Setelah kapal hilang, Taiwan meminta bantuan Amerika Serikat dan Jepang untuk membantu menemukannya.
Pada hari Jumat, Badan Perikanan mengatakan agen-agen AS melaporkan kembali bahwa sebuah kapal kontainer Jepang melihat puing-puing yang tampaknya milik kapal nelayan hanya enam mil laut dari tempat Jin Long Tai hilang.


Badan itu mengatakan telah meminta beberapa kapal penangkap ikan Taiwan di dekatnya untuk berlayar ke lokasi reruntuhan yang dilaporkan untuk membantu mengkonfirmasi identitas kapal yang hilang.
Mereka diperkirakan akan mencapai daerah itu hari Sabtu.
(YLA/YLA, 23/08)
Universitas Terbuka Riyadh
-