Berita > Seputar TKI
Demi Indonesia, PMI Hong Kong Ber-paskibra
29 Jul 2019 21:10:46 WIB | Linda Puspita | dibaca 480
Ket: Tim paskibra JBMI saat latihan di Causeway Bay, 28 Juli 2019
Foto: Dokumen tim JBMI
Hongkong, LiputanBMI - Bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, berada jauh dari Tanah Air, tidak menyurutkan rasa nasionalisme terhadap negara asal, Indonesia.

Seperti halnya anak-anak sekolah di Indonesia, menjelang Dirgahayu Indonesia, mereka disibukkan dengan latihan menjadi pasukan pengibar bendera (paskibra). Teriknya matahari tak menjadi hambatan bagi para PMI di Negeri Beton untuk terus berlatih.

Sejak Mei, mereka mengumpulkan teman-teman seprofesi, membentuk tim paskibra untuk acara HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesi di bawah naungan Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI).

Setiap Minggu mereka berlatih baris-berbaris di lapangan bola, Causeway Bay atau dekat Kowloon Park, Tsim Sha Tsui, mulai pukul 15.00 hingga pukul 17.00/18.00 waktu setempat.

Panasnya matahari summer pernah membuat salah satu anggota pingsan, tetapi tidak mengurangi semangat untuk melakukan yang terbaik bagi Indonesia tercinta.

Sebenarnya, pihak Konsulat Jendral RI (KJRI) di Hong Kong sudah membentuk tim paskibra yang juga beranggotakan para PMI untuk persiapan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus 2019.

Namun, tidak semua warga Indonesia di Hong Kong bisa mengikuti upacara bendera yang diadakan KJRI karena tidak bertepatan dengan hari Minggu, sedangkan mayoritas PMI hari liburnya Minggu.

Dengan adanya tim paskibra JBMI ini, warga Indonesia di Hong Kong, khususnya PMI diharapkan dapat mengikuti upacara bendera karena upacara bendera peringatan HUT ke-74 RI yang diadakan JBMI akan dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019.

(LIN/FK, 29/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-