Berita > Info Penting
Mendikbud Taiwan Buka Pusat Pendidikan Bahasa Mandarin di UM Yogyakarta
27 Jul 2019 06:49:05 WIB | Hani Tw | dibaca 694
Ket: Depdikbud Taiwan membuka Taiwan Education Center di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Untuk mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan, pemerintah Taiwan membuka dan meresmikan Pusat Pendidikan Bahasa Taiwan (Mandarin, Red.) atau Taiwan Education Center (TEC) yang bertempat di Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis, 25 Juli 2019.

TEC yang diresmikan di UMY merupakan inisiatif dari perwakilan pemerintah Taiwan yang ada di Jakarta, Taipei Economic and Trade Office (TETO), TEC Indonesia, dan universitas-universitas di Taiwan yang telah bekerja sama dengan UMY selama 15 tahun.

Sebagaimana dilansir United Daily News (26/7/2019), dengan didirikannya TEC di UMY, memiliki manfaat bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Taiwan, maupun yang akan melakukan program seperti pertukaran pelajar.

Pembukaan TEC UMY dihadiri oleh Mr. Jhon Chen (陳忠) selaku kepala TETO Jakarta, Ms. Grace Ou (歐淑芬) selaku Deputy Representative TETO, dan Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto.

“TEC di UMY merupakan suatu lembaga yang resmi bekerja sama dengan pemerintah Taiwan, sebagai sumber informasi terkait edukasi bagi dosen, mahasiswa, atau calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke Taiwan,” jelas Gunawan.

Sementara Jhon Chen mengatakan bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kota pendidikan yang jumlah pelajar atau mahasiswanya sangat banyak di pulau Jawa bagian tengah.

"Jumlah mahasiswa di UMY sangat banyak, dengan adanya TEC di Yogyakarta diharapkan bisa menjadi sumber informasi terkait studi di Taiwan, "ungkap Jhon Chen.

Saat ini di Indonesia sudah ada tiga tempat TEC, yaitu Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) Jakarta, Universitas Airlangga Surabaya dan yang ketiga di UMY, Yogyakarta
(HNI/YLA, 27/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-