Berita > Seputar TKI
Kasihan, 14 PMI Overstayer Tertangkap Saat Tertidur Lelap
20 Jul 2019 22:40:41 WIB | Hani Tw | dibaca 840
Ket: 14 orang PMI ilegal tertangkap.saat ada penggerebekan oleh tim khusus imigrasi Tainan
Foto: SETNews
Taichung, LiputanBMI - Sebanyak 14 orang pekerja migran Indonesia (PMI) overstayer tertangkap ketika ada penggerebekan oleh tim satuan khusus Imigrasi Tainan pada saat mereka sedang terlelap tidur.

Mereka yang tertangkap diantaranya, 7 orang pekerja migran ilegal, sedangkan 7 orang lainnya adalah menggunakan visa kunjung yang izin tinggalnya sudah habis.

Sebagaimana dilansir SET News, Sabtu (20/7/2019), tim khusus imigrasi Tainan mengatakan, awal bulan Juli lalu menerima laporan adanya sekelompok pekerja migran menempati sebuah rumah tua di daerah Changhua dan mereka dicurigai sebagai pekerja ilegal.

Menurut laporan, pekerja migran yang tinggal di rumah tua itu bekerja di perkebunan yang tidak jauh dari situ, pagi berangkat kerja dan malam baru pulang.

Tim khusus imigrasi Tainan dengan mengerahkan 10 orang lebih anggotanya melakukan penggerebekan pada dini hari, disaat PMI sedang terlelap tidur.

Dua orang PMI terperanjat ketika melihat beberapa polisi sudah ada di dalam rumah, tanpa sempat memakai baju mereka lari ke lantai dua, namun mereka tertangkap.

Dalam suasana kalang kabut, sebagian PMI sudah tahu tidak ada jalan untuk melarikan diri, sebagian ada yang bersembunyi dalam selimut, namun tidak ada satupun yang lolos karena baik dalam maupun luar rumah sudah dikepung.

Menurut survey tim khusus imigrasi, PMI tersebut dipekerjakan di perkebunan dengan gaji antara NTD 900 hingga NTD 1300 per-hari.

Hingga berita ini diturunkan, ke-14 PMI yang tertangkap sudah dibawa ke detensi Imigrasi Kaohsiung untuk dilakukan proses pemulangan.
(HNI/IYD, 20/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-