Berita > Seputar TKI
Mujianti, PMI Asal Lampung 10 Tahun Hilang Kontak di Malaysia
16 Jul 2019 20:44:03 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 721
Ket: Mujianti
Foto: dok.keluarga/ Dianto
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Mujianti, Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia asal Desa Setia Tama, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung dikabarkan hilang kontak dengan keluarganya sejak tahun 2009.

Menurut keterangan anaknya, Mujianti pertama kali berangkat ke Malaysia pada tahun 2001 bersama dua orang temannya. Pada tahun 2009, wanita yang saat ini berusia sekitar 50 tahun itu sempat pulang ke kampung halamannya dan tak lama kemudian berangkat lagi ke Malaysia.

“Ketika berangkat lagi ke Malaysia pada tahun 2009, ibu sempat memberi nomor telepon. Tapi sesampainya ibu di Malaysia, nomor HP tersebut tidak bisa dihubungi. Sejak saat itu, ibu tidak pernah menghubungi keluarga sama sekali hingga sekarang,” kata Dianto, anak Mujianti kepada LiputanBMI, Selasa (16/7).

Lebih lanjut Dianto menceritakan, pada tahun 2012 salah satu teman Mujianti yang sama-sama berangkat ke Malaysia pulang ke Lampung. Pihak keluarga, kata Dianto, mendapat informasi bahwa Mujianti bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) di daerah Bangsar, Kuala Lumpur.

“Pada tahun 2012 ada kawan ibu pulang kampung. Dari kawan ibu itu kami mendapat informasi bahwa beliau kerja PRT di daerah Bangsar,” ungkap Dianto.

foto-toto Mujianti
Ket. foto: foto-toto Mujianti
Sumber foto: dok.keluarga/ Dianto



Pihak keluarga, kata Dianto, tidak mengetahui sponsor atau PT yang memberangkatkan Mujianti ke Malaysia. Keluarga sudah pernah bertanya ke Disnaker Tulang Bawang, Lampung. Namun, menurut Dianto, pihak Disnaker mengatakan, nama Mujianti tidak terdaftar.

Oleh karena itu, melalui pemberitaan ini Dianto berharap ibunya bisa ditemukan. Dianto meminta tolong kepada siapa pun yang pernah mengenal dan/atau mengetahui keberadaan Mujianti di Malaysia agar menghubungi nomor telepon/WA +62 821-7811-8144.

“Pulanglah, Mak. Sudah 10 tahun mamak tak ada kabar. Selama 19 tahun anak-anakmu kamu tinggal. Saat ini anak-anakmu sudah berkeluarga semua tanpa satu pun kamu ketahui. Pulanglah, Mak, kami sangat merindukanmu,” ratap Dianto.

(FK/FK, 16/07)

Universitas Terbuka Riyadh
-