Berita > Seputar TKI
Mengecek Proses Pindah Majikan Melalui Online di Taiwan Multi Bahasa Resmi Berlaku, Berikut Caranya
15 Jul 2019 22:34:34 WIB | Hani Tw | dibaca 2980
Ket: Pelayanan pengecekan proses pergantian majikan multi bahasa
Foto: Website WDA
Taipei, LiputanBMI - Depnaker Taiwan hari ini, Senin (15/7/2019) meresmikan sistem pelayanan pengecekan proses pergantian majikan secara online dalam empat bahasa.

Dengan adanya sistem tersebut pekerja migran yang sedang melakukan proses pergantian majikan bisa mengecek dan mengetahui sejauh mana prosesnya.

Uji coba penambahan sistem pelayanan pengecekan secara online versi empat bahasa sudah dimulai sejak Januari 2018 lalu, akan tetapi masih banyak yang perlu diperbaharui.

Selain tersedia dalam bahasa Mandarin, sekarang sudah ada tambahan sebanyak empat bahasa dari empat negara, yaitu bahasa Inggris, Vietnam, Thailand dan Indonesia.

Sebagaimana dilansir United Daily News, Senin (15/7/2019), depnaker Taiwan mengatakan, banyak pekerja migran yang bermasalah seperti pasien meninggal, pabrik bangkrut, atau habis kontrak tidak mau kembali majikan bahkan mengalami penganiayaan maupun penyiksaan.

Menurut depnaker, pekerja migran yang bermasalah dengan majikan ataupun habis kontrak tidak mau kembali majikan, mereka pasti akan proses pergantian majikan.

Lanjutnya, diharapkan dengan adanya sistem ini pekerja migran bisa lebih mudah melakukan pengecekan dengan menggunakan bahasa asal negara mereka.

Beberapa tahapan cara mengecek proses pergantian majikan:

1. Pertama klik link berikut dan ikuti petunjuknya: https://fw.wda.gov.tw/wda-employer

2. Pilih menu bahasa Indonesia.
Setelah link dibuka akan muncul laman website Workforce Development Agency ( WDA). Disitu ada beberapa pilihan bahasa, pilihlah menu bahasa Indonesia yang ditandai dengan gambar laki-laki menggunakan kopiah.

3. Pada tahap ini, akan terlihat beberapa menu pilihan yang disediakan di website WDA. Untuk mengecek proses pergantian majikan, maka pilih menu yang bertuliskan pemeriksaan.

4. Pengecekan data. Di halaman ini ada beberapa kategori proses pergantian majikan. Pilih sesuai dengan proses yang sedang anda jalani

5. Masukkan nomor paspor yang berlaku. Pada halaman ini tersedia kolom pengisian nomor paspor. Setelah itu tekan "cari".

6. Akan terlihat hasilnya.
Di situ akan tertulis apakah proses pergantian majikan anda "sudah terdaftar" atau "sudah dicabut" atau "tidak didaftarkan".

Dengan demikian pekerja migran yang sedang proses pindah majikan akan mengetahui sampai dimana prosesnya.

Perlu diingat, masa tunggu proses pergantian majikan paling lama 60 hari. Jika dua minggu sebelum masa tunggu habis maka pekerja migran harus siap-siap pulang ke negara asal.
(HNI/IYD, 15/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-