Berita > Seputar TKI
Itawati, PMI Asal Lumajang 12 Tahun Hilang Kontak di Malaysia
15 Jul 2019 21:29:46 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 538
Ket: Itawati
Foto: dok.keluarga/ Sudarminto
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Itawati, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Dusun Maleman, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan hilang kontak dengan keluarganya sejak berangkat ke Malaysia sekitar tahun 2007 lalu.

Menurut keterangan adiknya, selama 12 tahun di Malaysia, perempuan yang saat ini berusia sekitar 46 tahun itu tidak pernah menghubungi keluarga sama sekali. Pihak keluarga pernah mendapat informasi bahwa Itawati bekerja di daerah Sentul, Kuala Lumpur, tetapi tidak mengetahui secara pasti alamat rumah majikannya.

“Dulu pernah bertemu dengan teman bibi saya katanya bekerja di kawasan Sentul. Bibi saya sudah pernah datang ke Sentul dan bertanya ke orang-orang di lokasi yang disebutkan temannya itu, tetapi tidak ada yang kenal Itawati,” kata Sudarminto, adik Itawati kepada LiputanBMI, Senin (15/7).

Lebih lanjut Sudarminto mengatakan, pihak keluarga tidak mengetahui apakah Itawati berangkat ke Malaysia melalui PT atau berangkat dengan perantara agen/tekong.

“Tiba-tiba dengar kabar sudah ada di Malaysia. Keluarga tidak tahu Mbak Ita berangkat lewat PT atau gimana, sehingga kami bingung mau bertanya kepada siapa untuk mencarinya,” ungkap Sudarminto.

Sudarminto yang saat ini juga menjadi PMI di Malaysia sudah berulang kali bertanya kepada teman-temannya di berbagai kawasan di Kuala Lumpur sambil menunjukkan foto Itawati, tetapi hingga kini belum membuahkan hasil.

“Saya terus berupaya mencari dengan bertanya kepada kawan-kawan yang ada di Malaysia sambil menunjukkan foto Mbak Ita tapi nggak ada hasilnya. Mudah-mudahan dengan diberitakan LiputanBMI kakak saya bisa ditemukan,” harapnya.

Saat ini, kata Sudarminto, pihak keluarga sangat berharap Itawati pulang atau setidaknya memberi kabar. Oleh karena itu, Sudarminto berharap dan meminta tolong kepada siapa pun yang pernah mengenal dan/atau mengetahui keberadaan Itawati agar menghubungi nomor telepon/WA +601142430669.

“Mohon kepada kawan-kawan yang mengetahui keberadaan Itawati asal Lumajang agar menghubungi nomor WA saya. Keluarga sangat mengharap kepulangannya, terutama ibu. Beliau sangat merindukan Mbak Itawati,” pungkas Sudarminto.

(FK/FK, 15/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-