Berita > Seputar TKI
Luluk Sunarti, Mantan PMI Hadiri Seminar Kewirausahaan di Taiwan Sebagai Motivator
07 Jul 2019 22:52:27 WIB | Hani Tw | dibaca 4693
Ket: Luluk Sunarti mantan PMI di Taiwan menjadi motivator dalam acara seminar kewirausahaan di Taipei
Foto: Dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Dalam rangka pemberdayaan pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan, KDEI Taipei bekerja sama dengan BNI, OJK mengadakan acara seminar kewirausahaan dengan tema menata diri meraih impian yang menghadirkan Luluk Sunarti sebagai motivator.

Pada kesempatan ini Luluk menceritakan pengalamannya yang dulu adalah juga seorang PMI di Taiwan, ia pernah bekerja selama 8 tahun sebagai perawat Ama di daerah Chiayi.

Selain itu Luluk juga mengatakan, selama bekerja di Taiwan ia mencoba mempelajari sistem-sistem yang diterapkan dalam mengelola sebuah usaha.

"Saya mencoba belajar dari orang Taiwan bagaimana mereka bisa sukses dalam mengelola usaha kecil, "jelasnya dihadapan 200 orang lebih yang hadir dalam seminar.

Menurut Luluk, kunci kesuksesan kita adalah ada pada diri kita sendiri. Jika kita bisa menata diri, maka kita akan bisa mewujudkan impian kita.

Lebih jauh Luluk juga menjelaskan, modal bahasa mandarin yang dikuasai juga merupakan salah satu kunci untuk membuka dan mengembangkan usahanya.

"Dengan modal bahasa mandarin, kita akan dengan mudah berkomunikasi dengan pengusaha asing terutama yang dari Taiwan, "ungkap Luluk yang saat ini bekerja sama dengan perusahaan ban motor Kenda Taiwan.

Kepada peserta yang mayoritas PMI, Luluk berpesan supaya menggunakan kesempatan selama di Taiwan sebaik mungkin, mempelajari cara-cara usaha mereka untuk dikembangkan di Indonesia nanti.

Pada sesi penutupan diisi dengan tanya jawab dan pembagian door prize menarik dari Bank Negara Indonesia (BNI).
(HNI/JWD, 07/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-