Berita > Info Penting
Kantor Post Taiwan Buka Layanan Pengiriman Barang Melalui FamilyMart, Berikut Caranya !
23 Jun 2019 22:15:55 WIB | Hani Tw | dibaca 5280
Ket: Kantor post Taiwan membukan layanan pengiriman barang lewat FamilyMart
Foto: Dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Toserba FamilyMart di Taiwan melalui mesin serbaguna FamiPort telah menambahkan menu baru yaitu pelayanan pengiriman barang dengan menggunakan jasa kantor post yang dimulai pada awal bulan April 2019 lalu.

Penambahan menu pengiriman barang tersebut tentunya sangat bermanfaat sekali, terutama bagi yang jualan online maupun yang sering kirim barang melalui kantor post, mengingat saat ini pengiriman barang melalui kantor post hanya bisa dilakukan pada jam kerja saja. Dengan dibukanya layanan pengiriman barang melalui FamilyMart kita bisa kirim kapan saja karena mesin FamiPort beroperasi 24jam.

Sementara itu, biaya kirim tergantung besar kecilnya paket barang yang akan dikirim. Ukuran plastik pembungkus yang disediakan di FamilyMart ada dua macam, ukuran 16 x 28cm dan 23 x 32cm dengan berat barang yang akan dikirim tidak boleh lebih dari 1 kg. Sedangkan harga plastik pembungkus atau yang dalam bahasa mandarin di sebut Pien Li Tai (便利貸) adalah NTD 1.

Adapun caranya yaitu sebelum mengirim barang siapkan dulu tulisan nama dan alamat penerima di kertas atau simpan di hp untuk mempersingkat waktu, kemudian mulailah mengoperasikan mesin FamiPort, pilih menu pengiriman barang yang ada di bagian kiri bawah layar monitor yang ada gambar kotak kardus yang bertuliskan 服務寄件. Selanjutnya, kita mengisi nama, nomor telpon, alamat pengirim dan penerima pada kolom yang disediakan. Setelah diisi semua, pastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan, langkah terakhir klik confirm pada menu dan print out resi pembayarannya. Kemudian bawa ke konter untuk melakukan pembayaran. Jika kita tidak bisa mengoperasikan mesin FamiPort, kita bisa meminta bantuan petugas toko tersebut.

Untuk lamanya waktu pengiriman barang adalah sama dengan jasa pengiriman melalui kantor post biasa, yaitu antara dua hingga empat hari. Sementara untuk pengiriman diluar pulau Taiwan dan wilayah Hualien serta Taitung karena letaknya jauh dan lokasinya sulit terjangkau maka membutuhkan waktu diatas empat hari.

Meskipun pengiriman barang melalui FamilyMart dan kantor post ada selisih waktu sekitar sehari untuk sampai ke penerimanya, akan tetapi bagi pengirim yang kebetulan adalah pekerja dan hanya bisa melakukan pengiriman ketika sudah pulang kerja layanan tersebut sangat bermanfaat. Terlebih lagi pelayanan di FamilyMart adalah 24 jam dan biaya kirim juga tidak mahal dibandingkan dengan jasa pengiriman barang lainnya.
(HNI/IYD, 23/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-