Berita > Seputar TKI
Kebakaran di Makkah yang Tewaskan 4 PMI Diduga Akibat Korsleting Listrik
23 Jun 2019 07:27:32 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1424
Ket: Ilustrasi
Foto: LBMIKSA
Makkah, LiputanBMI - Korsleting listrik diduga menjadi penyebab kebakaran di sebuah kondominium di distrik Nakasa, Makkah hingga menewaskan empat pekerja migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (21/06/2019). Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik pendingin ruangan (AC) yang dihuni korban berinisial IR RS, K BS, TAT, SNSI.

"KJRI Jeddah memperoleh informasi bahwa peristiwa kebakaran diakibatkan adanya korsleting listrik pada pendingin ruangan (AC) yang menyebabkan percikan api sehingga menimbulkan kebakaran," ujar Koordinator Perlindungan Warga (KPW) KJRI Jeddah, Safaat Ghofur saat dikonfirmasi LiputanBMI melalui pesan singkat, Sabtu (23/06/2019).

Keempat korban, lanjut Safaat, kemungkinan besar terjebak di dalam rumah sehingga tidak bisa menyelamatkan diri.

"Identifikasi korban kita lakukan dari hasil dari komunikasi dengan masyarakat dan orang di sekitar tempat tinggal, dan dari foto wajah," ungkapnya.

Terkait satu korban yang berhasil menyelamatkan diri, Safaat mengatakan pihaknya belum bisa menemui karena sudah keluar dari rumah sakit.

"Sayangnya yang dirawat sudah keluar dari umah sakit pagi tadii sehingga pihak KJRI Jeddah tidak bisa bertemu saat mau menjenguk," terangnya.

Prosesi pemakaman keempat korban rencananya akan dilakukan hari ini, Minggu 24 Juni di Makkah karena sudah mendapatkan izin dari keluarga di Indonesia.

"Kami sudah mengunjungi tempat kejadian dan tempat penyimpanan jenazah di RS Al Noor. Polisi tidak mau ditemui karena hari libur. Insyaallah besok bisa dilakukan pemakaman," pungkasnya.
(IYD/IYD, 23/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-