Berita > Seputar TKI
Program Kompaun, KBRI KL Imbau WNI di Malaysia Tunggu Pengumuman Resmi
18 Jun 2019 20:22:35 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 15881
Ket: selebaran di medsos dan Edaran KBRI KL
Foto: LBMIMY
Kuala Lumpur, LiputanBMI - KBRI Kuala Lumpur mengimbau WNI di Malaysia untuk menunggu pengumuman resmi dari Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) dan KBRI terkait informasi yang beredar di media sosial mengenai Program Serah Diri Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang disebutkan akan dimulai pada 1 Juli hingga 31 Desember 2019.

Program Serah Diri PATI adalah program pemulangan pekerja migran tak berdokumen (biasa diistilahkan PATI) ke negara asal dengan cara membayar kompaun (denda) yang di kalangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia lebih populer dengan istilah ‘Program Kompaun’.

Dalam Surat Edaran bernomor 0060/WN/06/2019/07 tertanggal 18 Juni 2019 disebutkan, KBRI Kuala Lumpur telah berkoordinasi dengan JIM mengenai program tersebut.

Berdasarkan informasi JIM kepada KBRI Kuala Lumpur, program tersebut adalah usulan JIM dan saat ini masih menunggu persetujuan Kementerian Dalam Negeri dan Kejaksaan Agung Malaysia.

JIM akan menyampaikan surat resmi kepada KBRI Kuala Lumpur jika sudah ada kepastian mengenai program yang dalam selebaran di media sosial disebut dengan Program Back for Good (B4G).

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan agar WNI di Malaysia tidak mudah percaya tawaran-tawaran mengenai program dimaksud sebelum ada pengumuman resmi dari JIM dan KBRI Kuala Lumpur.
(FK/FK, 18/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-