Berita > Seputar TKI
Kejaksaan Agung Malaysia Ajukan Banding atas Bebasnya Majikan Adelina
14 Jun 2019 21:49:16 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2788
Ket: Ambka (kanan) dan (almh) Adelina
Foto: LBMIMY
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Kejaksaan Agung Malaysia menegaskan sedang memproses pengajuan banding atas dibebaskannya Ambika MA Shan dari tuduhan pembunuhan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTT, Adelina Sau.

Jaksa Agung Malaysia, Tommy Thomas mengatakan masalah ini sekarang sedang diproses di Mahkamah Rayuan (Pengadilan Banding, Red).

"Kami sedang menunggu tanggal persidangan," kata Tommy seperti dilansir Malaysiakini, Jumat (14/6).

Penegasan Kejaksaan Agung Malaysia tentang proses banding ini menanggapi pernyataan pengacara Ambika kepada media yang mengatakan bahwa klien-nya tidak akan mendapat tindakan hukum apa pun setelah dibebaskan oleh Pengadilan Tinggi Penang.

Malaysiakini juga melaporkan, dalam proses pembebasan Ambika, Pengadilan Tinggi Pulau Pinang tidak berkonsultasi dengan Kejaksaan Agung Malaysia.

Pada 18 April 2019 lalu, Pengadilan Tinggi Penang membebaskan Ambika MA Shan yang merupakan majikan Adelina dari tuduhan pembunuhan karena pihak jaksa membatalkan tuntutan.

Padahal sebelumnya, perempuan berusia 61 tahun tersebut terancam hukuman gantung sampai mati atas dakwaan melakukan penyiksaan terhadap Adelina hingga meninggal dunia.

Baca: Terancam Hukuman Mati, Ibu Majikan Adelina Menangis ketika Difoto Wartawan Seusai Sidang

Adelina yang bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga(PRT) di rumah Ambika meninggal dunia di Hospital Bukit Mertajam, Penang pada 11 Februari 2018 akibat luka-luka karena sering disiksa, bahkan dipaksa tidur di luar rumah bersama seekor anjing penjaga.

(FK/FK, 14/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-