Berita > Seputar TKI
Keceriaan Halal Bihalal PMI di Taipei Main Stasiun Taiwan
10 Jun 2019 10:17:24 WIB | Hani Tw | dibaca 2067
Ket: PMI memadati aula TMS pada perayaan Halal Bihala 2019
Foto: Dok. Pri
Taipei, LiputanBMI - Puncak peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440H atau Halal Bihalal diselenggarakan secara serentak di beberapa wilayah Taiwan pada Minggu, 9 Juni 2019.

Penyelenggaraan acara Halal Bihalal tahun ini lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah daerah juga ambil peranan penting demi terlaksananya kegiatan tersebut. Terlebih lagi KDEI Taipei dan depnaker telah menyebarkan pengumuman pada jauh hari sebelumnya.

Seperti halnya di Taipei City, pemerintah kota bekerja sama dengan dinas pariwisata membuat video tentang Hari Raya Idul Fitri sebagai salah satu cara untuk mengenalkan adanya Hari Raya umat Islam kepada masyarakat Taiwan.

Penyelengaraan acara Halal Bihalal di Taipei City dilaksanakan di dua tempat, acara tabligh akbar bertempat di depan stasiun Taipei dan Gemilang Idulfitri, bazar muslim Internasional serta panggung seni dengan mengundang artis Indonesia Fildan Rahayu bertempat di Taman Daan.

Sementara itu, di aula Taipei Main Stasiun hampir 80% dipadati oleh pekerja migran Indonesia untuk menghabiskan waktu liburan. Mereka berkumpul, bersenda gurau, makan-makan bersama dengan teman dengan penuh ceria bahkan tidak sedikit yang mengabadikan moment tersebut dengan berfoto ria maupun live di akun facebooknya.

Salah satu PMI yang ditemui konstributor LiputanBMI, Ojik, ia mengatakan datang jauh-jauh dari Hualien ke Taipei untuk menghadiri acara Halal Bihalal setiap tahunnya.

Menurut Ojik, di Hualien karena daerahnya termasuk di kampung jadi tidak ada acara Halal Bihalal di sana. Hanya ada Shalat Idul Fitri yang diseleggarakan oleh depnaker setempat pada 1 Syawal kemarin (5/6/2019).

"Di Hualien tempat saya tidak ada acara apa-apa selain Shalat Id, setiap tahun saya ke Taipei untuk ikut memeriahkan suasana lebaran, "jelas Ojik, PMI asal Makassar yang bekerja di pabrik Hualien.

Lain halnya dengan Kristina, PMI asal Blitar yang bekerja sebagai perawat Akong di New Taipei City, juga nampak hadir di aula Taipei, selain menghadiri acara Halal Bihalal ia juga mengikuti lomba ajang budaya antar negara yang diadakan oleh salah satu organisasi di Taiwan.

Hari ini, (Minggu 9 Juni 2019, red. ) ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) bahkan ribuan yang datang dari berbagai kota di Taiwan ikut menghadiri dan memeriahkan acara Halal Bihalal.

Sebagian besar dari mereka mengharapkan, semoga pelaksanaan acara Idulfitri bisa berlangsung setiap tahunnya dengan tertib dan lancar. Terlebih lagi tidak meninggalkan sampah berserakan setelah acara selesai.
(HNI/IYD, 10/06)
Universitas Terbuka Riyadh
-