Berita > Seputar TKI
165 Orang Pekerja Ilegal Ditangkap Badan Imigrasi Nasional Taiwan
25 May 2019 22:41:21 WIB | Yully Agyl | dibaca 3813
Ket: Penangkapan 165 orang pekerja ilegal oleh Badan Imigrasi Taiwan
Foto: CNA
Taipei, LiputanBMI - Sebanyak 165 warga negara asing, yang terdiri dari warga negara Vietnam dan Indonesia, ditangkap dalam operasi penyisiran nasional yang dilakukan oleh Badan Imigrasi Nasional (NIA) Taiwan, Sabtu (25/5/2019).

Penggerebekan dilakukan oleh 487 petugas penegak hukum setempat di tempat-tempat seperti lokasi konstruksi, toko, restoran, dan rumah bordil.

Menurut badan imigrasi, 74 orang ditangkap karena tidak memperpanjang masa berlaku visa mereka, sementara 91 orang ditahan karena bekerja secara ilegal.

Sebagaimana dilansir CNA, Sabtu (25/5), Kepala Imigrasi, Chiu Feng-kuang (邱豐光), mengatakan tindakan penyisiran dan penangkapan para WNA dan atau TKA overstay itu akan berlanjut sampai akhir Juni. Oleh karena itu pihak imigrasi meminta warga asing yang tinggal melebihi batas waktu visa untuk menyerahkan diri secepat mungkin.

Program pulang sukarela diperkenalkan pada 1 Januari. Di bawah program ini, orang asing yang tinggal di Taiwan melebihi batas waktu visa diharap menyerah secara sukarela. Bagi yang menyerahkan diri akan menerima pengurangan hukuman - tanpa penahanan dengan denda maksimum NTD 2.000 dan blacklist yang lebih pendek.

Sedangkan mereka yang ditangkap akan menghadapi hukuman lebih berat, termasuk denda hingga NTD 10.000 dan blacklist.
(YLA/YLA, 25/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-