Berita > Seputar TKI
Komunitas Serantau Gelar Buka Puasa Bersama PMI di Shelter KBRI
20 May 2019 21:21:38 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 419
Ket: Buka bersama Serantau dengan PMI di shelter KBRI
Foto: Serantau/ LBMIMY
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Komunitas Serantau Malaysia mengadakan acara buka puasa bersama dengan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di shelter KBRI Kuala Lumpur, Minggu (19/5/2019).

Acara buka bersama yang dihadiri oleh pengurus dan anggota Serantau, PMI yang tinggal di shelter, serta beberapa pejabat Konsuler KBRI tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan puisi, shalawat, sambutan-sambutan serta ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Muhammad Faiz.

Ketua Komunitas Serantau, Suherman mengatakan, acara buka bersama seperti ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Serantau setiap bulan Ramadan.

Selain dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1440 H, kata Suherman, acara ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara pengurus Serantau dengan pejabat KBRI serta untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa berbagi dengan sesama PMI.

“Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif yang harus dilestarikan karena ini adalah bentuk nyata kepedulian Serantau kepada sesama PMI yang bernasib kurang baik. Semoga dengan kegiatan ini bisa memberi hiburan bagi para PMI yang selama ini tinggal di shelter dengan berbagai persoalan sulit yang mereka alami,” kata Suherman dalam sambutannya.

Sementara pejabat KBRI Kuala Lumpur yang diwakili oleh Sekretaris I Konsuler, Yulisdiyah Kartika dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Serantau yang senantiasa berbagi kepada PMI di shelter KBRI Kuala Lumpur.

“Saat ini jumlah PMI di shelter kurang lebih 150 orang. Kami mengimbau agar teman-teman tetap semangat dan selalu bersyukur karena masih dalam kondisi sehat sehingga bisa saling berbagi, “ kata Dyah.

Ustaz Muhammad Faiz, alumnus pondok pesantren Lirboyo yang saat ini sedang menempuh pendidikan S-2 di Malaysia dalam ceramahnya menyampaikan tentang hikmah puasa serta mengingatkan tentang perintah diwajibkannya puasa bagi orang-orang yang beriman.

“Salah satu hikmah kita berpuasa adalah untuk mengingat perihnya orang-orang yang kelaparan, yang tidak mampu untuk membeli makanan. Saat bisa mengingat semuanya itu, kita menjadi besyukur atas nikmat yang Allah berikan dan terus berupaya meningkatkan amalan-amalan baik agar kita mendapat derajat takwa,” katanya.

Ketika azan maghrib berkumandang, semua peserta berbuka puasa bersama dengan menu takjil bubur kacang, bakso dan beberapa makanan lainnya yang telah disediakan panitia. Sesi terakhir adalah pembagian cenderamata dari Serantau untuk PMI yang berada di shelter KBRI.
(FK/FK, 20/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-