Berita > Seputar TKI
Jelang Ramadan, KBRI Kuala Lumpur Pulangkan 79 WNI Tahanan Imigrasi Malaysia
02 May 2019 20:48:25 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 4017
Ket: WNI yang dipulangkan KBRI KL
Foto: KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Menjelang bulan Ramadan 1440 H, KBRI Kuala Lumpur memulangkan 79 WNI bermasalah yang menjadi tahanan Imigrari Malaysia. 79 orang WNI, termasuk 19 anak-anak tersebut dipulangkan ke Indonesia dalam 3 kloter, Kamis (2/5/2019).

Pemulangan ini merupakan Tahap-II dari Program Repatriasi 900-an WNI kelompok rentan (perempuan dan anak) secara bertahap dari tahanan Imigrasi di seluruh wilayah Semenanjung Malaysia di tahun 2019.

Nona asal Medan, salah satu dari 79 WNI yang dipulangkan itu mengaku sangat bahagia dapat pulang ke Indonesia untuk berkumpul kembali dengan keluarganya menjelang bulan Ramadan ini setelah 9 bulan ditahan. Ia sangat berterima kasih kepada KBRI Kuala Lumpur karena telah membantu pemulangan.

“Saya menjalani hukuman 9 bulan di Penjara Kajang. Alhamdulillah bulan Ramadan dan lebaran nanti saya bisa berkumpul dengan keluarga. Terima kasih banyak kepada KBRI yang telah membantu saya untuk pulang ke Indonesia,” kata Nona, Kamis (2/5) di Kuala Lumpur.

Pada September 2017, Imigrasi Malaysia menghentikan program pemulangan tahanan imigrasi asal Indonesia dari Pasir Gudang ke Tanjung Pinang.

Atas permohonan pihak Imigrasi Malaysia, KBRI setuju untuk secara berkala memulangkan kelompok rentan yang terdiri dari perempuan dan anak-anak atas biaya KBRI. Repatriasi dalam kerangka ini pertama dilakukan pada Desember 2017.

(FK/FK, 02/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-