Berita > Seputar TKI
11 Tahun Tak Dipulangkan Majikan, Maryati Berharap Lebaran Bersama Keluarga
01 May 2019 15:47:44 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 776
Ket: Maryati
Foto: LBMIKSA
Khamis Mushait, LiputanBMI - Maryati seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di Khamis Mushait, Provinsi Asir, Arab Saudi mengaku tidak dipulangkan majikannya selama 11 tahun.

Selain tidak dipulangkan, perempuan asal Desa Kondang Jaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat itu mengungkapkan kerap mendapat perlakuan kasar dari majikan. Bahkan di pergelangan tanganya terdapat bekas jahitan akibat luka pukulan.

"Kalau dulu pertama datang saya sering dipukulin, kalau sekarang majikan sudah tidak mukul hanya sering bentak-bentak saja, " ujar Maryati dengan nada terbata-bata saat dihubungi LiputanBMI melalui sambungan seluler, Selasa (30/4/2019).

Ibu satu anak itu berharap dapat segera pulang agar dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Pada 8 April DPWLN BMI-SA Jeddah sudah melaporkan kasus Maryati ke KJRI Jeddah dan Portal Peduli WNI dengan nomor pengaduan K682104190006.

"Saya sudah tidak kuat kerja di sini, capek sekali dan majikan sangat galak," imbuhnya.

Lanjut Maryati, dirinya sering meminta majikan agar memulangkanya. Alih-alih diuturuti, Maryati malah mendapat caci maki. Untuk masalah gaji, dia mengaku tidak tahu pasti berapa gaji yang tersisa di majikan. Selama 11 tahun hanya 10 kali mengirimkan uang ke Indonesia.

"Saya berharap kepada perwakilan pemerintah agar menelepon majikan supaya memulangkan saya," pungkasnya.

(IYD/IYD, 01/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-